Breaking

Rabu, 18 Januari 2023

Tips Merawat Komputer Agar Komputer Tetap Awet!

Tips Merawat Komputer Agar Komputer Tetap Awet!



Seperti barang elektronik lainnya, komputer harus dirawat secara berkala agar tidak cepat rusak. Berikut adalah tips merawat komputer :

  1. Bersihkan File yang Tidak Perlu

Cara memelihara dan merawat komputer selanjutnya adalah dengan membersihkan yang tidak perlu, yaitu. file yang tidak berguna.

Penumpukan file membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat dan tidak maksimal untuk bekerja. Ketika file terlalu lama di penyimpanan, mereka mengambil ruang disk di komputer.

Hal ini membuat komputer berjalan sangat lambat. Selain itu, penghapusan data tidak berakhir dengan penghapusan tahap pertama karena file-file ini kemudian masuk ke tempat sampah daur ulang. Jadi, Anda juga perlu membersihkan Recycle Bin dari file yang tidak lagi Anda perlukan.

  1. Pasang Ventilasi CPU yang Memadai

Intinya tips komputer ini adalah anda menempatkan monitor dan CPU di ventilasi udara dari dinding ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang mengalir cukup lancar.

Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan pemanasan yang berlebihan, sehingga panas dapat memperpendek umur komponen. Oleh karena itu, pastikan jarak setidaknya 30 cm antara CPU dan monitor.

  1. Memasang dan mengupdate Antivirus secara berkala

Untuk menjaga keamanan sistem komputer Anda, Anda harus menginstal program antivirus. Sistem komputer kita merupakan sistem yang mudah diserang oleh virus.

Jika menurut Anda menginstal program antivirus saja sudah cukup, pikirkan lagi. Bahkan program antivirus yang sudah ketinggalan zaman pun bisa menjadi virus di sistem komputer Anda. Selalu perbarui perangkat lunak antivirus komputer Anda untuk perlindungan terbaik terhadap serangan virus, malware, spyware, atau perangkat lunak berbahaya lainnya.

  1. Defrag Harddisk

Selain menghapus file yang tidak perlu secara manual, Anda juga harus mendefrag hard drive Anda. Dengan fitur defragmentasi ini, file dapat diakses lebih cepat dengan memproses data dengan menulis ulang atau memisahkan file menjadi satu kesatuan.

Defragmentasi ini dapat dilakukan sesuai jadwal di Windows 7 dan produk Windows yang lebih baru. Anda juga dapat melakukan defrag secara manual.

Kamu hanya memerlukan aplikasi bernama Disk Defragmenter.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Start

  • Klik All Programs

  • Pilih Accessories

  • Pilih System Tools

  • Klik Disk Defragmenter

Namun, jangan lupa bahwa sebelum melakukan defragmentasi, Anda harus menganalisis terlebih dahulu file yang akan didefragmentasi, karena tidak semua file perlu difragmentasi.

Klik tombol Analisis untuk file yang tingkat fragmennya ingin Anda periksa. Anda dapat menjalankan proses defragmentasi saat fragmentasi lebih dari 10%. Jika kurang dari 10%, Anda dapat melakukannya untuk kedua kalinya.

  1. Uninstall Aplikasi yang tidak diperlukan

Seperti file yang tidak lagi Anda gunakan, aplikasi dan program lama yang tidak lagi Anda gunakan, juga harus dibersihkan dengan menghapus atau mencopot pemasangannya.

Jika Anda terus menyimpan aplikasi atau program yang tidak lagi Anda gunakan, hard drive akan berhenti bekerja saat membaca program yang sedang berjalan. Ini menambah beban pada hard drive dan dapat dengan cepat merusak hard drive.

Cara menguninstall seluruh program dan aplikasi yang sudah tidak terpakai sangat mudah, yaitu dengan cara berikut :

  • Buka Control Panel

  • Pilih Programs

  • Klik uninstal programs

  • Pilih program atau aplikasi yang menurut kamu sudah tidak diperlukan lagi

  • Klik tombol Uninstal

7. Aktifkan Sistem Restore Komputer

Dengan mengaktifkan sistem Restore pada komputer kita, akan menjaga performa komputer tetap baik dan stabil.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages