Breaking

Kamis, 19 Januari 2023

Apa itu VPN?

Apa itu VPN?


Apa itu VPN?.
Virtual Private Network (VPN) merupakan sebuah teknologi komunikasi yang dapat memungkinkan untuk terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan metode tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun kenyataannya menggunakan jaringan milik public.

Dari metode pandang jaringan, salah satu masalah atau kendala jaringan internet (IP public) adalah tidak memiliki dukungan yang baik terhadap keamanan. Sedangkan dari cara pandang perusahaan, IP merupakan suatu kebutuhan dasar untuk melakukan pertukaran data antara kantor cabang, anak perusahaan atau dengan rekanan perusahaan. VPN ini muncul untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebuah jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan atau berkomunikasi dengan kantor cabangnya maupun rekanan perusahaannya dengan cara pengalamatan secara private dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.


Fungsi Utama Teknologi VPN (Virtual Private Network)

Teknologi VPN memberikan tiga fungsi utama untuk penggunanya atau usernya. Ketiga fungsi utama tersebut antara lain sebagai berikut:


Confidentially (Kerahasiaan)

Dengan diaksesnya jaringan publik yang rawan terhadap pencurian data, maka dariitu teknologi VPN menggunakan sistem atau cara kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data akan dapat lebih terjaga. Meskipun ada pihak atau orang yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, meskipun tersadap namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data yang tersadap tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang atau pihak yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.


Data Intergrity (Keutuhan Data)

Ketika melewati jaringan internet, sebetulnya data telah menyebar sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat menybar tersebut, berbagai gangguan atau masalah dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang atau pihak yang tidak seharusnya mengakseses. Pada VPN ini terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim sampai data di tujuan dengan aman.


Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Teknologi VPN ini mempunyai kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Selanjutnya, alamat sumber data tersebut akan disetujui atau diterima apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN akan menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal  atau bersumber dari yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dimanipulasi maupun yang dikirim oleh pihak-pihak lain.


Manfaat dari VPN


Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan atau mengaplikasikan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung atau terkoneksi ke jaringan internet atau publik.

Keamanan : dengan menggunakan atau mengaplikasikan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe atau tempat umum lainnya.

Dapat menghemat atau meminimalisir biaya setup jaringan : VPN dapat juga digunakan sebagai cara atau metode alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendahatau murah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu  membangun jaringan sendiri.


Jenis-Jenis VPN


Personal VPN

Jenis VPN ini biasa disebut dengan VPN konsumen atau komersial. Personal VPN menghubungkan atau mengkoneksikan pengguna ke internet publik dengan koneksi terenkripsi melalui server VPN. Tujuan utama dari personal VPN adalah untuk melindungi atau menjaga privasi online dan melewati geo-blocking (pembatasan wilayah). Karena VPN ini digunakan untuk tujuan komersial, setting personal VPN tentunya mudah di berbagai jenis perangkat, seperti PC, laptop, konsol game, dan perangkat mobile lainnya. Beberapa contoh layanan personal VPN adalah NordVPN, ExpressVPN, Surfshark, dan sebagainya.


Remote Access VPN

Remote access VPN merupakan jenis VPN yang memungkinkan pengguna atau user terhubung ke jaringan pribadi atau lokal. Jenis VPN ini umumnya digunakan atau dipakai oleh karyawan agar dapat terhubung atau terkoneksi dengan aman ke jaringan kantor serta mengakses data dan file perusahaan. Jenis VPN ini sangat pas atau cocok bagi pekerja remote dan pekerja yang sedang WFH (working from home). Mereka dapat mengakses file kerja seolah-olah sedang berada di kantor. Enkripsinya juga sangat penting untuk melindungi data sensitif milik perusahaan saat menggunakan hotspot Wi-Fi publik atau jaringan umum.


Mobile VPN

Mirip dengan jenis VPN sebelumnya yaitu remote access VPN, mobile VPN umumnya digunakan oleh karyawan atau pekerja untuk terhubung dari jarak jauh ke jaringan bisnis perusahaannya.  Perbedaan utamanya adalah, mobile VPN akan tetap terhubung meskipun pengguna atau user mengubah koneksi internetnya atau tidak terhubung ke internet. Jadi, mobile VPN direkomendasikan bagi pengguna atau user yang mobilitasnya tinggi atau yang koneksinya tidak stabil.


Site-to-Site VPN

Jenis VPN Site-to-Site ini menggabungkan dua jaringan di lokasi yang berbeda. Contohnya, kalau suatu perusahaan punya 2 kantor yang berbeda wilayah atau lokasi di Autraluia dan Asia, site-to-site VPN bisa menggabungkan kedua jaringan pribadi perusahaan tersebut. Banyak perusahaan global yang menggunakan atau mengaplikasikan kombinasi site-to-site VPN dan remote access VPN. Site-to-site VPN ini menggabungkan semua jaringan pribadi perusahaan di seluruh penjuru dunia, sedangkan remote access VPN memungkinkan karyawan atau pekerja mengakses semua jaringan tersebut dalam satu waktu.




INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages