Breaking

Selasa, 24 Januari 2023

Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator?

Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator?


Adobe Photoshop dikenal sebagai perangkat lunak pengedit gambar yang paling penting. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mengedit, menambah dan memanipulasi elemen gambar sesuai dengan kreativitas dan keinginan mereka.

Meskipun Adobe Illustrator adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat ilustrasi dari vektor dan gambar lainnya, pengguna juga dapat berkreasi dalam membuat berbagai karya desain seperti ikon, logo, dan grafik.

Jadi apa perbedaan antara Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator?

Apa itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak pengedit grafik raster yang dirancang untuk mengedit grafik sebagai gambar. Perangkat lunak Photoshop dirilis pada 19 Februari 1990 dan dikembangkan oleh Adobe Systems. Photoshop adalah software berbasis bitmap, yang digunakan editor untuk mengedit foto dan memanipulasi foto dengan berbagai efek.

Dengan software ini, pengguna dapat mengolah gambar dengan mengatur warna, menggabungkan, membuat efek, menyembunyikan objek gambar dan menggunakan banyak fitur lainnya.

Apa itu Adobe Ilustrator?

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak grafis vektor yang digunakan untuk mendesain ilustrasi dan konten grafis. Output dari karya Illustrator dapat berupa karya digital atau media cetak. Adobe Illustrator adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe Systems bersama dengan Adobe Photoshop. Adobe Illustrator versi terbaru adalah CC2020 yang dirilis pada Juli 2020.

Perangkat lunak grafis vektor ini disebut sebagai perangkat lunak teratas untuk desainer grafis karena kualitas gambar yang dihasilkan sangat tinggi. Fitur gambar vektor yang dihasilkan memiliki presisi yang tidak akan pecah saat diperbesar.

Perbedaan Fungsi atau Kegunaan

Untuk kegunaan, kedua software keluaran Adobe ini tentu sangat berbeda. Photoshop adalah aplikasi berbasis bitmaps. Artinya, Photoshop akan digunakan untuk memanipulasi foto, penambahan efek-efek tertentu, dan sebagainya. Maka dari itu, aplikasi ini sering digunakan oleh fotografer.

Berbeda dengan Photoshop, Illustrator merupakan aplikasi yang digunakan untuk menggambar berbasis vektor. Kualitas hasil dari illustrator akan lebih baik. Illustrator biasanya digunakan untuk membuat logo, menggambar ilustrasi, membuat desain yang mempunyai detail tinggi, dan lainnya. Desainer grafis akan lebih banyak menggunakan Adobe Illustrator dibandingkan Photoshop.

Kelebihan dan Kekurangan

Tentunya karena aplikasi ini banyak digunakan di seluruh dunia, maka aplikasi ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Apa kelebihan dan kekurangannya?

Keunggulan Illustrator adalah ketajamannya hingga 900x, sedangkan Photoshop hanya memiliki sepertiganya yaitu 300x. Ini penting jika Anda berencana untuk mencetak hasil desain di kaos atau brosur. Anda mendapatkan yang terbaik dari Illustrator karena berbasis vektor.

Perbedaan Format File

Photoshop menggunakan PSD secara default, sedangkan Illustrator menggunakan AI, EPS, dan SVG secara default. Dengan menyimpan file Photoshop Anda dalam format PSD, Anda masih dapat terus mengedit atau bahkan membuat perubahan yang telah Anda buat.

Sama untuk Illustrator dalam format AI. Anda dapat membuat perubahan pada semua bentuk dan lapisan teks. Photoshop dan Illustrator dapat mengekspor proyek dalam format JPG atau PNG.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages