Breaking

Selasa, 24 Januari 2023

Sejarah Linux Dan Jenis Jenis Linux

Sejarah Linux Dan Jenis Jenis Linux





Kemunculan linux bukan hal yang secara kebetulan terjadi, artinya ada proses yang sudah dikerjakan sebelumnya. Sistem operasi ini sudah muncul di pasaran dalam bentuk Unix da Dos, jika asing mendengar istilah ini maka kedua istilah tersebut juga dikenal dengan sebutan Windows. Akan tetapi, sistem operasi bersifat tertutup sehingga didapatkan dengan pembeli.


Kondisi yang kemudian diperhatikan oleh komunitas Developer, untuk kemudian dibentuklah suatu grup yang dinamakan GNU. Tujuan dilahirkannya grup ini adalah menciptakan sistem dengan aplikasi yang sifatnya gratis sekaligus open source. Hingga membuat banyak orang kemudian dapat menggunakannya.


Saat semua komponen selesai dibuat, ternyata ada satu komponen penting yang tertinggal dan belum berhasil dibuat. Komponen tersebut adalah kernel, komponen yang menjadi pusat operasional dari berjalannya sistem operasi ini. Barulah pada tahun 1991, seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer di University of Helsinki mencatatkan sejarah.


Mahasiswa itu bisa membuat Operating System mandiri dan sistem operasi ini bisa berjalan pada device baru memakai processor 80386 sebagai tipe file yang digunakan oleh linux. Tanpa memasukkan kode unik apa pun, hingga kemudian sistem operasi tersebut dikenal dengan nama atau istilah linux yang sangat membantu para developer dalam mengembangka perangkat.


Dalam prosesnya developer bisa terhindar dari terbenturnya dengan lisensi serta regulasi yang rumit, karena itulah perintah dasar linux diciptakan sebagai suatu inovasi yang mendobrak adanya monopoli dari sistem operasi yang ada. Sehingga sangat menguntungkan para developer baik pemula maupun lanjutan ketika mengembangkan perangkat yang dimiliki.


  1. Debian Linux
    Debian adalah sistem operasi komputer yang terdiri dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.

  2. Redhat Linux
    Redhat adalah salah satu distro Linux yang dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer server. Sistem operasi ini bermula dari tahun 1995.

  3. CentOS Linux
    CentOS sendiri merupakan sistem operasi distribution (distro) yang dikembangkan dari source code Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Perlu diketahui bahwa RHEL adalah salah satu platform Linux berlisensi sehingga pengguna harus mengeluarkan biaya jika ingin menggunakannya.

  4. Ubuntu Linux
    Ubuntu merupakan sebuah sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang gratis dan open-source. Sistem operasi ini dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian dan terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux.

  5. Slackware Linux
      SlackWare adalah distribusi Linux yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc Slackware adalah salah satu distribusi paling awal, dan merupakan tertua saat ini sedang dipertahankan.  Slackware bertujuan untuk stabilitas desain dan kesederhanaan, dan bertujuan untuk menjadi UNIX-seperti kebanyakan distribusi Linux. 

  6. SuSE Linux
    SuSE Linux adalah sistem operasi komputer yang dibangun di atas kernel Linux. openSUSE dikembangkan secara independen, dengan dukungan komunitas melalui Proyek openSUSE yang disponsori oleh SUSE dan sejumlah perusahaan lain.

  7. Linux Mint
    Linux Mint merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk perangkat PC, laptop, maupun Notebook yang bersifat Open Source dan bisa didapatkan secara gratis. Linux Mint ini berbasis Ubuntu, sehingga berbagai aplikasi yang berjalan di Ubuntu ini juga bisa anda jalankan didalam Linux Mint tersebut.

  8. Fedora Linux
    Fedora Linux adalah OS berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project dan disponsori oleh Red Hat.

  9. Caldera Linux
    Caldera adalah jawaban bagi yang mengatakan bahwa Linux itu sulit di-instalasi atau dipakai. Telah terpilih sebagai pemenang Desktop 99 oleh LinuxWorld, karena dianggap mudah terutama bagi yang masih berat meninggalkan Windows.

  10. Mandriva Linux
    Mandriva Linux adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages