Breaking

Rabu, 25 Januari 2023

Perbedaan Antara Linux Dan Windows

Perbedaan Antara Linux Dan Windows



Apakah kamu sudah tahu perbedaan Linux dan Windows? Linux dan Windows merupakan sistem operasi yang memiliki perbedaan secara signifikan. Namun, bila dilihat dari jumlah penggunanya, Windows memiliki jumlah pengguna yang paling banyak diantara keduanya, bahkan juga jika dibandingkan dengan Macintosh. 


Linux merupakan sistem operasi open source (terbuka) yang mana sistem operasi ini dapat dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan, Windows merupakan sistem operasi yang berbayar atau komersil yang mana kita harus membeli lisesnsi dari Microsoft, sang perusahaan yang menaungi Windows ini.


Berikut adalah beberapa perbedaan antara Linux dan Windows:


1. Dari segi tampilan

- Linux : tampilan di linux sebenarnya hampir sama dengan tampilan pada windows. Hanya saja tampilan di linux sedikit monoton.


- Windows: tampilan pada Windows lebih bervariasi, tampilan Windows bisa kita ubah sedemikian rupa sesuai dengan yang kita inginkan.


2. Dari segi ketahanan

- Linux: untuk segi keamanan Linux terkenal tahan akan serangan virus, tetapi bukan berarti Linux bebas dari virus, tapi virus itu tidak bisa berkembang seperti halnya virus pada Windows.


- Windows: berbeda dengan Linux, windows lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan Windows juga rentan terkena serangan hacker.


3. Dari segi harga

- Linux: dilihat dari harganya, harga Linux cukup terjangkau. Hal itu disebabkan oleh sifat open source pada Linux, biaya yang perlu dikeluarkan hanyalah biaya untuk akses internet yang digunakan untuk mendownload OS linux tersebut.


- Windows: jika harga linux murah karena sifat open sourcenya, berbeda lagi dengan Windows, harga OS Windows cukup mahal. Tapi mengapa Windows tetap laris di pasaran? Itu karena kebutuhan dan sifat user friendly pada Windows yang menjadikan Windows tetap laris di pasaran. Dan karena cukup mahal harga OS Windows banyak pihak yang membajak.


4. Dari segi penggunaan

- Linux: dengan ketahanan Linux terhadap virus dan juga source codenya yang dapat dengan mudah diubah dan ditambah menjadikan Linux sering digunakan untuk sistem administrator.


- Windows: biasa digunakan oleh pelajar dan pekerja untuk membuat laporan. Karena tampilan yang sudah familiar di kalangan pelajar. Dan karena interface pada windows yang mudah untuk pengoperasiannya.


5. Dukungan Hardware

-  Linux: biasanya ada beberapa driver yang tidak dapat dipasang.


- Windows: banyak driver yang sudah compatible.


6.Pengembangan Kode

-  Linux: pengembangan dapat dilakukan oleh siapa saja karena memiliki sifat open source.


- Windows: lebih tertutup karena dikembangkan oleh orang-orang tertentu saja.


7.Penggunaan Sistem Operasi

-  Linux: biasanya digunakan untuk penggunaan yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi seprti administrasi LAN, komputer server, layanan SSH, dan lainnya.


- Windows: biasanya digunakan untuk kebutuhan penggunaan PC sehari-hari seperti untuk mengetik dokumen, membuat presentasi dan menjalankan aplikasi pendukung untuk bekerja atau belajar.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages