Breaking

Kamis, 12 Januari 2023

PENGERTIAN WIFI

PENGERTIAN WIFI


Apakah itu wifi ? wifi adalah suatu teknologi jaringan komputer nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi. Rentang gelombang radio wifi 2,4 GHz hingga 5 GHz. Jaringan wifi dapat diakses dalam jarak 20 meter di dalam ruangan dan lebih dari 20 meter jika di luar ruangan.


Fungsi Wifi

  1. Untuk koneksi ke jaringan internet

  2. menghubungkan handphone ke komputer/laptop

  3. sharing file

  4. menjadikan hp sebagai modem


Manfaat Wifi

  1. Bisa membagi akses internet secara lebih mudah dan praktis.

  2. Perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan WiFi dapat berbagi atau bertukar data lebih mudah dan aman.

  3. Pengguna smartphone bisa dengan mudah terkoneksi internet dengan bantuan WiFi sehingga tidak perlu lagi menyalakan paket data berbayar untuk terhubung ke internet.

  4. Dapat menyambungkan perangkat seperti komputer, laptop, tablet, smart tv, smartphone atau juga bisa video game console tanpa harus menggunakan kabel USB.


Kelebihan Wifi

  1. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.

  2. Hemat Biaya

  3. Jaringan WiFi tergolong awet dan tahan terhadap berbagai macam gangguan.

  4. Mengurangi penggunaan kabel dan bisa mengatasi dimana kabel tidak bisa digunakan pada tempat atau ruang tertentu.

  5. Praktis saat mengakses internet, melakukan sharing file, dll. dimana saja dan kapan saja tentunya dalam radius tertentu dari hotspot.


Kekurangan Wifi

  1. Sinyal WiFi cenderung terpengaruh keadaan cuaca dan iklim.

  2. Penyaluran sinyal yang tidak merata, karena batasan jarak.

  3. Jaringan wifi tidak cocok untuk transfer data  besar

  4. Keamanan jaringan yang kurang

  5. Kapasitas bandwidth relatif lebih kecil


 


Jenis-Jenis Wifi

  • 802.11a

Sebuah teknologi jaringan nirkabel Yang Pengembangan pekerjaan pada bandwidth 5.8 GHz dengan kecepatan maksimum hingga 54 Mb/s.

  • 802.11b

Pengembang yang asli untuk meningkatkan kecepatan hingga 5.5 Mb/s atau 11 Mb/s tetapi tetap menggunakan frekuensi 2.45 GHz.

  • 802.11g

Suatu jaringan nirkabel yang bekerja pada frekuensi 2,45 GHz dan metode ini di sebarluaskan pada bulan juni 2003 yang mencapai kecepatan hingga 54 Mb/s pada pita frekuensi 2,45 GHz.

  • 802.11n

Standard dari jaringan tanpakabel yang menggunakan banyak antena untuk meningkatkan performance. Jaringan ini berjalan pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.Pada frekuensi 2,4 GHz ada kemungkinan interferensi dengan peralatan lain seperti microwave dan bluetooth.

  • 802.11ac

Standar jaringan wireless di keluarga 802.11 memungkinkan menghasilkan troughput tinggi pada band 5 GHz. Standar ini dikembangkan dari tahun 2011 sampai 2013 dan disetujui pada bulan Januari 2014.



kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages