Breaking

Kamis, 12 Januari 2023

Baru Mulai Belajar Digital Marketing? Ini Dia Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu!

Baru Mulai Belajar Digital Marketing? Ini Dia Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu!


Saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.

Digital Marketing adalah usaha memasarkan produk atau jasa secara digital dengan pemanfaatan platform online atau internet. Digital marketing membantu menjangkau lebih banyak konsumen tepat waktu, pribadi, dan relevan karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens.

  1. Impression

Impression merupakan metrik yang mengukur jumlah tayangan suatu konten. Jika total impression adalah 100, maka artinya konten tersebut telah tayang sebanyak 100 kali di layar audiens. Mungkin saja, audiens yang sama melihat tayangan konten yang sama lebih dari satu kali.

  1. Reach

Reach merupakan metrik yang mengukur jumlah orang atau audiens yang telah melihat iklan Anda. Jika total reach suatu iklan adalah 100, maka artinya iklan tersebut telah dilihat oleh 100 orang.

  1. Engagement

Engagement merupakan tingkat interaksi dari audiens terhadap konten Anda. Engagement dapat berupa komentar, likes, share, dan lain-lain.

  1. Retargeting

Retargeting merupakan strategi untuk menyasar audiens yang sudah pernah mengunjungi website, tetapi belum melakukan pembelian. Dengan menggunakan kode Javascript pixel-based, iklan akan ditampilkan secara terus menerus ke orang yang pernah berkunjung ke suatu website.

  1. Remarketing

Remarketing merupakan strategi untuk menghubungi kembali konsumen agar melakukan pembelian ulang. Remarketing umumnya dilakukan dengan melalui email, untuk memberikan informasi mengenai diskon, produk baru, voucher, agar konsumen menjadi pelanggan tetap.

  1. Campaign

Campaign atau kampanye merupakan strategi mempromosikan suatu Brand dalam kurun waktu tertentu melalui berbagai macam aktivitas yang menggunakan berbagai media untuk mencapai suatu tujuan.

  1. CTA

CTA adalah singkatan dari Call-to-Action yang merupakan pesan singkat kepada audiens untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pembuat iklan atau konten, misalnya pembelian. Contoh CTA seperti kalimat-kalimat seperti ini: Yuk, Daftar sekarang

  1. USP

USP adalah singkatan dari Unique Selling Proposition yang mengacu pada keunikan, nilai lebih, dan keunggulan dari suatu produk atau bisnis. USP menjadi pembeda antara suatu bisnis dengan bisnis lainnya.

  1. KPI

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang merupakan sebuah pengukuran, nilai, atau metrik untuk mengukur performa dari suatu kegiatan bisnis. 

  1. Bounce Rate

Bounce Rate merupakan matriks yang mengukur kunjungan pada konten iklan, namun tidak melakukan aksi apapun. Aksi yang dimaksud dapat berupa interaksi apapun yang bisa dilakukan dalam website, seperti mengklik link, membuka halaman lain dalam website, memutar video, dan interaksi lainnya.

  1. Affiliate Marketing

Sistem pembayaran komisi kepada salah satu pihak yang sudah berhasil menawarkan barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan. Misalnya, kamu menggunakan skincare A dan cocok di kulit, lalu kamu merekomendasikan dan menawarkannya ke sahabat kamu. Kalau sahabat kamu akhirnya tertarik beli, kamu bisa dapat komisi dari perusahaan skincare tersebut.

  1. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing berbeda dengan kamu bermain media sosial pada umumnya. Karena tujuannya untuk pemasaran, social media marketing melibatkan proses agar audiens tertarik (engaged) dengan konten yang dibuat di media sosial. 

Dalam membuat konten yang menarik juga harus sesuai dengan profil dan apa yang disukai oleh target audiens nih!

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Content Creator dan pengusaha online,  SEO menjadi komponen penting. Karena target mereka adalah bagaimana cara tulisan atau produk yang mereka promosikan berbasis website bisa tembus ke page one di halaman pencarian dengan memasukan beberapa keyword yang sering dicari pengguna internet.

Karena bersifat organik dan tanpa mengeluarkan biaya apapun, kekurangan dari search engine optimization membutuhkan waktu minimal 3 bulan agar tulisan atau produk bisnismu muncul di halaman pencarian terdepan.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Konsepnya masih sama dengan SEO, tetapi memiliki perbedaan. Karena tujuannya untuk pemasaran (marketing), website dioptimasi dengan iklan agar muncul di halaman pertama mesin pencarian. Strateginya pun berbeda dengan SEO, dan membutuhkan biaya agar website yang diiklankan bisa muncul secara cepat di mesin pencarian. 

  1. E-Mail Marketing

Suka dapat ratusan notifikasi dari marketplace, ojek online, atau berbagai produk favoritmu di e-mail? Nah, mereka menggunakan e-mail marketing sebagai pendekatan promosi kepada konsumen.

Dalam prosesnya, terdapat e-mail bounce dimana e-mail marketing gagal terkirim karena berbagai faktor, seperti e-mail yang tidak valid, kotak masuk (inbox) penerima sudah penuh, ukuran file e-mail terlalu besar, dan server untuk mengirim e-mail sedang down. 

Kamu juga bisa tahu persentase penerima e-mail yang telah membuka pesan promosi dari jumlah konsumen yang masuk ke dalam database melalui proses open rate.

  1. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan jenis campaign yang biasa digunakan brand di media sosial untuk mencapai objektif komunikasi tertentu, seperti brand awareness, brand conversion, atau brand loyalty. 

Menurut Partipost yang merupakan salah satu influencer marketing platform terbesar di Indonesia, influencer marketing bisa dibagi menjadi beberapa kategori, seperti mega influencer (lebih dari 1 juta pengikut), macro influencer (100 ribu - 1 juta pengikut), micro influencer (100 ribu - 10 ribu pengikut), dan nano influencer (dibawah 10 ribu pengikut).

  1. Online Presence

Informasi mengenai bisnis kamu tersedia dan bisa dicari melalui mesin pencarian online, ditandai dengan adanya website bisnis kamu.

  1. Conversion

Conversion mengarah kepada persentase audiens yang melakukan aktivitas digital marketing kamu, yang hasilnya menjadi tolak ukur keberhasilan campaign digital marketing yang telah berjalan. Misalnya, persentase pengunjung website/iklan, pembelian produk bisnis kamu.

  1. Landing Page

Jadi, landing page mengarahkan kamu ke website suatu brand untuk melihat informasi spesifik mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan.

  1. Cost Per Action (CPA)

Komisi yang akan didapat publisher ketika pengguna internet mengunjungi sebuah website dan melakukan aktivitas klik di sana. Misalnya, membaca informasi di landing page, melakukan pendaftaran, sampai membeli produk yang dipasarkan di website tersebut.

  1. Cost Per Impression (CPI)

Tarif yang disepakati pengiklan saat iklan muncul dan dilihat oleh pengguna internet. Biasanya tarif berlaku dalam bentuk ratusan atau ribuan tampilan iklan.

  1. Click Through Rate (CTR)

Berapa banyak yang melakukan klik link ke website kamu dari halaman lain, misalnya iklan, e-mail marketing.

  1. Engagement Rate

Persentase berapa banyak interaksi yang didapat melalui setiap post di media sosial maupun blog. Interaksi yang dibangun melalui komentar, like, dan share. 

Semakin tinggi engagement rate, semakin tinggi juga kamu bisa dipercaya oleh konsumen maupun brand yang tertarik ingin bekerjasama. 

Itu dia istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia Digital Marketing. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam apa itu digital marketing, baik dari tahap dasar sampai lanjutan, LKP Fitri Al Baasitu mempunyai kelas Digital Marketing yang bisa kamu ikuti. Informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website fitrialbaasitu.com

 INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages