Breaking

Rabu, 01 Februari 2023

Cara Mengkrimping Kabel UTP

Cara Mengkrimping Kabel UTP 

Untuk menghubungkan kabel UTP ke konektor RJ-45 terdapat dua jenis sambungan yaitu straight dan cross yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kabel straight-through digunakan untuk menghubungkan komputer ke hub/switch, sedangkan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer secara langsung tanpa menggunakan hub/switch atau menghubungkan hub/switch ke hub/switch.

Untuk membuat koneksi kita membutuhkan setidaknya:

1. Kabel UTP

2. Konektor RJ-45

3. pegangan crimp

4. Penguji LAN (opsional)


Berikut urutan koneksinya:


1. Pengkabelan langsung

Kami mencoba membuat kabel lurus, pertama lepaskan pelindung luar kabel UTP, lalu atur agar kabel di dalamnya lurus. Atur lokasi mereka sesuai dengan diagram di bawah ini. Gunakan gunting untuk memotong ujung kabel agar rata. Colokkan ke konektor RJ-45 dan crimping dengan crimping tool. Ikuti cara tips kedua sekaligus langkah pertama. Colokkan ujung kabel yang lain ke penguji LAN dan periksa apakah kabel ini berfungsi dengan semua lampu 1-8 terhubung Kabel-rj45-lurus

Urutan Ujung A

1. Putih Orange

2. Orange

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Cokelat

8. Cokelat


Urutan Ujung B

1. Putih Orange

2. Orange

3. Putih Hijau

4. biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Cokelat

8. Cokelat


2. jenis kabel silang

Kabel crossover juga sama dengan langkah-langkah di atas, perbedaannya hanya Anda memperhatikan ujung yang lain. Standar kabel yang dijamin sekitar 100 meter, diatas 100 meter ada kemungkinan loss.

Jika ada yang bertanya bagaimana cara membedakan antara kabel straight dan kabel crossover? Sebenarnya cukup sederhana, perhatikan ujung kedua kabel, lihat diagram: jika yang pertama berwarna putih-oranye, maka yang kedua berwarna putih-oranye, tentu kabelnya lurus, sedangkan yang kedua kabelnya menyilang . dimulai dengan hijau dan putih.

kabel jaringan lan utpp.


Urutan ujung A

1. putih orange

2. orange

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. hijau

7. Putih Cokelat

8. Cokelat


Urutan ujung B

1. Putih Hijau

2. Hijau

3. putih-orange

4. Biru

5. Putih biru

6. Orange

7. Putih cokelat

8 cokelat


B. Teknik kompresi

1. Siapkan bahan-bahan di atas.

2. Gunakan gunting atau alat pemotong lainnya untuk membuka lapisan kabel UTP dengan ukuran yang benar untuk mengakses RJ-45.

3. Setelah itu buat susunan warna (tentukan cara cross atau direct connection)

4. Potong (ratakan) rakitan kawat dengan gunting atau alat crimping. Pilih langsung atau trans

5. Hubungkan dengan benar kabel UTP pipih ke RJ-45.

6. Pasang dan kencangkan kabel UTP dan RJ45 yang terhubung pada lubang crimp tool.

7. Periksa koneksi dengan mencolokkan kedua ujung kabel UTP dengan RJ-45 terpasang ke LAN tester, kemudian periksa apakah kabel ini berfungsi saat semua LED 1-8 menyala semua  maka kabel ini sudah siap kita pakai.


 INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun, kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun, kursus komputer ponorogo, kursus excel madiun, microsoft office madiun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages