Breaking

Kamis, 26 Januari 2023

Tips Mengatasi Komputer Kamu Yang Lemot!

Tips Mengatasi Komputer Kamu Yang Lemot! 



1. Menghapus Program yang Tidak kamu Pakai

Saat pertama kali membeli laptop, kamu mungkin menemukan banyak perangkat lunak pra-instal atau bloatware yang lebih dikenal. Program-program ini hanya memuat dan memperlambat laptop, jadi kamu perlu menghapus program dan program yang tidak digunakan agar laptopmu berjalan lebih lancar.

2. Matikan Program yang Otomatis Dijalankan Saat Startup

Beberapa program pada Windows 10 akan berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan. Matikanlah beberapa program yang berjalan saat startup tersebut untuk menghindari laptop menjadi lambat. 

4. Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache di dalam sebuah laptop harus dibersihkan secara berkala untuk membuat laptop menjadi lebih lancar. Bukalah File Manager, lalu klik kanan pada gambar di Harddisk Anda (seperti Drive C atau D). Klik Properties lalu arahkan kursor pada tab General dan pencetlah tombol Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk.

5. Merubah Pengaturan Daya ke Daya Tinggi (High Performance)

Windows 10 memiliki fitur manajemen laptop yang memungkinkan kamu menyesuaikan kinerja laptop sesuai dengan kebutuhan. Ubah pengaturan daya dengan menekan ikon di pojok kanan bawah bilah tugas. Ubah pengaturan daya ke High Performance untuk memaksimalkan kemampuan laptop dan mengatasi kelesuan laptop.

6. Manfaatkan MSconfig untuk Mematikan Program yang Tidak Penting

Berbeda dengan Windows 10, sistem operasi Windows 7 tetap membutuhkan partisipasi langsung kamu untuk menghentikan program yang awalnya dijalankan dengan perintah MSconfig. Buka menu Mulai dan ketik Jalankan. Buka dan jalankan perintah dengan mengetik MSconfig pada kolom. Pilih program mana yang ingin kamu akhiri saat startup, dan berhati-hatilah untuk tidak mengakhiri program Windows yang sangat penting.

7. Lakukan Disk Defragmenter Secara Rutin

Apabila laptop kamu masih dibekali dengan Windows 7 maka dapat dipastikan bahwa media penyimpanannya sudah berusia lanjut dan membutuhkan defrag supaya isinya bisa tetap teratur dan terorganisir dengan baik. Proses defrag membutuhkan waktu yang lama, usahakan untuk menjalankannya pada saat malam hari agar kamu bisa meninggalkan laptop semalaman.

8. Gunakan Fitur Ready Boost pada Laptop

Cache laptop yang penuh adalah masalah yang dapat memperlambat laptop/PC. Windows 7 memiliki fitur Ready Boost yang memberi laptop lebih banyak cache untuk pengoperasian yang lebih lancar. Kamu memerlukan flash drive minimal 16GB yang mendukung USB 3.0 untuk menggunakan fungsi ini.

9. Bersihkan Komputer dari Virus atau Malware

Sangat penting untuk mengecek apakah komputermu terinfeksi virus atau tidak. Salah satu penyebab kinerja komputer menjadi lemot biasanya karena komputer  mengandung virus atau malware. Serangan virus atau malware yang tidak disadari dapat memberatkan perangkat komputer.

10. Menambah RAM pada Laptop

Pada beberapa jenis dan merk laptop, sudah disediakan sebuah slot RAM yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah RAM sendiri. Anda bisa menambahkan satu buah keping RAM tambahan pada laptop untuk membantu meningkatkan kinerja dari laptop. Semakin besar kapasitas RAM tentu lebih banyak program yang bisa Anda jalankan pada laptop tersebut.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages