Breaking

Selasa, 24 Januari 2023

Perbedaan CorelDraw dan Adobe Ilustrator?

Perbedaan CorelDraw dan Adobe Ilustrator?




Secara umum Adobe Illustrator dan CorelDraw berfungsi sebagai perangkat lunak desain grafis berbasis vektor. Kedua software ini dikembangkan untuk memenuhi para desainer grafis dalam berkarya dan berkreativitas.

Apa itu Adobe Ilustrator?

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak grafik berbasis vektor untuk menggambar, membuat gambar, logo, brosur, dan banyak desain lainnya. Adobe Systems telah mengembangkan perangkat lunak ini untuk pengguna Windows, MacOS dan iPad. Illustrator awalnya dirilis pada tahun 1987 dan akan terus diperbarui hingga menjadi bagian dari Adobe Creative Cloud.

Apa itu CorelDraw?

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation. CorelDraw dirancang sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar seperti logo, poster, spanduk, desain paket, dan desain vektor. Pemula desain umumnya lebih memilih CorelDraw daripada program grafis lainnya karena antarmuka dan fiturnya yang lebih ramah pengguna. Mereka juga sering menggunakan CorelDraw untuk proyek mereka di media cetak, periklanan, dan publikasi desain.

Apa persamaan CorelDraw dan Adobe Ilustrator?

1. Keduanya menghasilkan gambar Vektor

2. Sama sama memiliki artboards atau papan lukis yang bisa diperbanyak.

3. Area kerjanya tidak hanya di dalam artboards namun juga bisa di luar artboards.

4. Fitur kedua aplikasi tersebut tidak jauh beda penggunaannya seperti adanya pen tool, rotate, scale, dll. Paling hanya beda shortcut saja, penggunaannya tetap sama saja.

5. User Friendly - Karena memiliki fitur yang sebelas dua belas, maka dari itu penggunaannya mudah di pahami. Jika paham illustrator maka corel draw juga paham dan sebaliknya walaupun dipakai pemula.

6. Dapat diinstal di Windows maupun macOS

Beberapa aplikasi desain hanya bisa digunakan di macOS atau juga bahkan tidak dapat digunakan di macOS. Corel dan Illustrator tidak seperti itu, keduanya bisa digunakan dalam sistem operasi Windows maupun macOS.



Apa persamaan CorelDraw dan Adobe Ilustrator?

1. Dalam Pengaplikasian

CorelDraw lebih umum digunakan untuk membuat design blueprint, schematic, area map, dan design yang dicetak secara offset seperti brosur, undangan, dll. Sedangkan, Adobe illustrator lebih advanced dan ke arah menggambar berbagai variasi design seperti logo, illustrasi, design packaging, design UX, dll.

2. Bentuk Extensinya

Kedua aplikasi memiliki ekstensi yang berbeda. Bentuk extensinya illustrator adalah ai, sedangkan Coreldraw adalah cdr.

3. Segi Fungsionalitas

Bisa dibilang Adobe lebih unggul pada saat mendesain atau membuat gambar seperti kartun, ilustrasi, vexel. dll. Walaupun Coreldraw juga bisa namun lebih Coreldraw lebih mengutamakan pekerjaan desain vektor yang mudah dimanipulasi dan dibuat.

4. Kualitas Warna

Dari segi warna Adobe Ilustrator memiliki kualitas warna cetak yang lebih bagus dan akurat dibanding dengan Coreldraw. Karena kualitas warna yang lebih bagus, adobe Ilustrator lebih disarankan terutama dalam pembuatan logo. Terutama jika logo harus dicetak ke kertas. Warna pada adobe illustrator lebih deep dibandingkan dengan coreldraw, terutama hasil exportnya. Gradient pada Adobe illustrator lebih terlihat garis gradientnya dibandingkan coreldraw yang lebih lebih halus.

5. Kompatibilitas Aplikasi 

Illustrator termasuk bagian dari adobe sehingga lebih kompatibel dengan adobe yang lainnya. Sedangkan CorelDraw sendiri lebih sulit untuk compatible dengan adobe lainnya.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages