Breaking

Rabu, 11 Januari 2023

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Repeater

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Repeater


Pernahkah teman-teman kesusahan mengkoneksikan perangkat ke jaringan WiFi karena berada di luar jangkauan? Gangguan seperti ini sering terjadi dikarenakan keterbatasan kemampuan pemancar WiFi dimana jaringan hanya dapat ditangkap dalam radius tertentu. Repeater adalah solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa semakin jauh perangkat dari lokasi pemancar, maka semakin menurun / jelek jaringan WiFi yang diakses. Selain permasalahan jarak, ruangan dengan banyak sekat juga dapat berpengaruh terhadap kualitas transmisi. Dampaknya bukan hanya pada kecepatan internet, melainkan perangkatmu mungkin kesulitan untuk mendeteksi / menangkap jaringan. Dibutuhkan perangkat tambahan seperti repeater agar sinyal yang dipancarkan lebih kuat dan luas.


Fungsi Repeater

  1. Memperluas daya jangkau sinyal, fungsi Repeater yang paling pokok adalah untuk memperluas daya jangkau sinyal. Jika sinyal lemah, maka daya jangkaunya akan lebih sempit, sedangkan ketika sinyal kuat maka daya jangkaunya juga akan semakin luas.

  2. Memperkuat wilayah yang sinyalnya kecil jauh dari server dengan menggunakan repeater, fungsi Repeater memperkuat daerah yang sinyalnya kecil dapat dapat lebih mudah untuk memperoleh sinyal. Hal ini dikarenakan, sinyal yang lemah dibuat menjadi lebih kuat oleh repeater ini.

  3. Memaksimalkan sinyal fungsi Repeater berikutnya adalah meneruskan dan memaksimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap, mengelola, memperbesar, dan meneruskan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar repeater ini.

  4. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan data dengan sinyal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan ataupun yang melalui jaringan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Fungsi Repeater ini dapat diibaratkan seperti halnya ketika mobil melaju di jalan tol ketika menggunakan repeater.

  5. Meminimalisir penggunaan kabel jaringan, fungsi Repeater yang terakhir adalah sistem kerja dari repeater melalui sinyal wireless (tanpa kabel). Dengan menggunakan repeater ini, maka penggunaan kabel yang ribet / rumit dan berserakan dapat dihindari atau diminimalisir.


Jenis-jenis repeater

  • Radio repeater

Sesuai dengan namanya, radio repeater merupakan perangkat yang fungsinya untuk memperkuat sinyal radio. Repeater jenis ini biasanya mempunyai beberapa antena yang berperan sebagai receiver dan transmitter. Radio repeater mampu untuk memancarkan ulang sinyal dengan lebih kuat, bahkan mampu untuk menembus berbagai objek penghalang atau penghambat.


  • Telephone repeater

Telephone repeater merupakan jenis yang biasa dipakai pada saluran telepon. Repeater jenis ini memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal telepon yang penurunan akibat dari jarak tempuh yang jauh. Keberadaan telephone repeater memungkinkan setiap pengguna atau user selalu menerima sinyal dengan baik.


  • Optical communication repeater

Optical communication repeater, repeater jenis ini memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal dalam kabel serat optik. Fototransistor yang ada di dalam kabel akan mengubah light pulses menjadi sinyal berbentuk elektrik yang selanjutnya diperkuat dengan bantuan dari amplifier. Selanjutnya, sinar laser akan mengubah kembali sinyal elektrik tersebut ke dalam bentuk light pulses sehingga dapat menghasilkan sinyal yang kuat serta berkualitas.











INFO LEBIH LANJUT


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages