Breaking

Rabu, 11 Januari 2023

APA ITU MODEM ?

 APA ITU MODEM ?


Apakah itu modem ?.
Modem adalah kependekan dari modulator dan demodulator. Modulatoryang berfungsi sebagai memproses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya dapat dikirimkan ke penggunanya melalui media tertentu, proses tersebut biasanya sering disebut dengan proses modulasi. Pada proses tersebut data dari komputer/pc yang bentuknya sinyal digital akan diubah jadi sinyal analog.


Fungsi Modem


  1. mengubah sinyal digital ke analog

  2. memberikan informasi paket data dan komunikasi

  3. menghubungkan komputer ke internet

  4. memeriksa paket data dan komunikasi

  5. Melakukan Kompres Data yang Dikirmkan Melalui Sinyal

  6. Melakukan Kegiatan Modulasi dan Demodulasi

Jenis-Jenis Modem

  1. Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media sistem untuk transfer data. Modem GSM biasanya didukung dengan menggunakan kartu koneksi yang mendukung provider yang memiliki sifat GSM.

  1. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan jenis modem yang mempergunakan sebuah frekuensi 800 MHz CDMA atau CDMA 1x. Bahkan modem CDMA yang paling baru saat ini telah mempergunakan sebuah frekuensi EVDO Rev-A atau setara 3G dan yang paling baru yang tengah dikembangkan adalah modem CDMA menggunakan frekuensi EVDO Rev-B.

  1. Modem DSL

Modem DSL adalah teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke rumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon. Umumnya  kecepatan downolad dari DSL sekitar dari 128 kbit/d hingga 24.000 kb/d tetapi tergantung dari teknologi DSL tersebut.

  1. Modem Kabel

Modem kabel merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini yang kemudian digunakan sebagai koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Untuk dapat digunakan sebagai modem kabel, komputer anda harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

  1. Modem Analog

Modem analog adalah suatu modem yang menerima suatu bentuk sinyal analog melalui sebuah jaringan transmisi data, kemudian jenis modem ini akan mengubah penerimaan data tersebut menjadi suatu data digital yang akan dikirmkan pada suatu perangkat komputer, penggunaan analog ini sendiri biasanya digunakan pada jenis koneksi DialUp dan banyak kalangan yang menegnal modem jenis ini dengan sebutan modem dial up.


Kelebihan Modem

  1. Tidak perlu adaptor karena sudah langsung terpasang ke CPU atau komputer

  2. menghemat lebih banyak ruang

  3. Lebih hemat

Kekurangan Modem

  1. Tidak ditemukan indikator pada modem eksternal, alhasil agak susah memonitor status modem padahal bisa lewat software.

  2. Dapat meningkatkan suhu di dalam kotak CPU karena pengaruh panas dari komponen di sirkuit modem internal.



INFO LEBIH LANJUT

🟢 081359304039

🟣 @lkpfitrialbaasitu

🔵 Komputer Kursus Madiun Fitri Al Baasitu

🔴 LKP FITRI AL BAASITU

🌐 www.fitrialbaasitu.com

🔴  WEBSITE

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages