Breaking

Sabtu, 28 Januari 2023

Mari berkenalan dengan perangkat lunak perancang desain aplikasi mobile dan Web, Adobe XD!

Mari berkenalan dengan perangkat lunak perancang desain aplikasi mobile dan Web, Adobe XD!


Perusahaan perangkat lunak terbesar dunia yaitu Adobe System meluncurkan program untuk para desainer aplikasi mobile dalam mengembangkan UI dan UX. Program ini adalah Adobe Experience Design atau dikenal dengan Adobe XD. Adobe XD adalah perangkat lunak perancang desain untuk aplikasi mobile dan web yang berbasis vektor.

Adobe XD resmi diluncurkan pada 14 Maret 2016, dengan menawarkan ragam fitur responsif serta tool-nya yang lebih familiar. Dengan keberadaan Adobe XD membuat para perancang desain aplikasi mobile tidak kesulitan menggarap pekerjaannya. Software ini mendukung wireframing situs web dan pembuatan prototipenya. Adobe menyediakan penawaran gratis pada Adobe XD untuk membuat UI, UX, dan prototyping ke dalam berbagai platform meliputi web, ponsel, tablet, dan sejenisnya.

Sistem operasi yang didukung juga meliputi Windows dan Mac OS, dan versi terbarunya juga dibuka untuk Android dan iOS. Untuk Anda jika ingin beralih mengembangkan aplikasi web dan mobile secara praktis dan cepat, membuat UI dan UX melalui program ini sangat disarankan. Proses dan timeline pengerjaan prototipe aplikasi akan cepat terselesaikan. Semisal ingin membuat aplikasi dari produk online maka Anda bisa mulai memikirkan UI dan UX yang bagus dan ringkas bagi pengguna.

Beberapa hal yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah:

1. Menggambar vektor

Fitur dasar dari aplikasi ini tentu saja desain komponen dan produk. Anda dapat menggambar dan membuat bentuk untuk membuat bingkai, simbol, komponen, dan elemen visual lainnya.

2. Adanya asset libraries

Suatu aplikasi bisa menjadi lebih baik apabila memiliki tampilan visual dan warna-warna yang senada. Ini membuat produk terlihat selaras dan tidak asal-asalan. Untuk memudahkan penyelarasan produk, ada fitur asset libraries dalam Adobe XD. Ini akan memudahkanmu mendesain visualisasi produk.

3. Visualisasi flow dan trigger

Kamu telah memahami bahwa Adobe XD tidak hanya bisa digunakan untuk mendesain, tetapi juga untuk membuat prototype.

Saat proses prototype, aplikasi ini menawarkan visualisasi flow dan trigger secara langsung yang bisa kamu nikmati.

4. Interaksi mikro otomatis

Micro-interaction atau interaksi mikro adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Nah, salah satu fitur Adobe XD adalah pembuatan animasi kecil ini secara otomatis. Berkat fitur ini, proses desain produk Anda akan menjadi lebih lancar.

5. Kolaborasi satu proyek dengan orang lain

Proses UX design sering kali bukan dilakukan oleh satu orang saja, melainkan kolaborasi antara banyak orang. Salah satu fitur yang bersifat beta dalam Adobe XD yakni dukungan untuk mengedit satu dokumen oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama. Layaknya dokumen cloud, ini akan memudahkan proses kolaborasi di antara anggota tim.

6. Integrasi dengan aplikasi lainnya

Aplikasi ini menawarkan berbagai plugin yang bisa kamu pasang. Dengan plugin ini, kamu bisa melakukan integrasi dengan aplikasi lain.

Sudah tersedia opsi untuk menjembatani Adobe XD dengan Trello, Jira, Slack, Microsoft Teams, dan lain-lain. Selain itu, Adobe juga menawarkan fitur edit foto dengan sinkronisasi langsung dengan Adobe Photoshop. Kamu juga bisa mengimpor berbagai desain dari Adobe Sketch, Illustrator, dan Photoshop itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD

Adobe XD memiliki banyak sekali kelebihan di antaranya,

  • Untuk alat prototipe (prototyping tools).

  • Berfokus pada design tools.

  • Integrasi dengan software desain berupa aset dari Photoshop, Sketch, dan Illustrator.

  • Memiliki performa yang cepat untuk merancang desain.

  • Terdapat tools Built-in sharing dari fitur Creative Cloud untuk berbagi rekaman video sesama desainer saat proses pengerjaan.

Kekurangan dari program Adobe XD yaitu

  • Kesulitan dalam fitur animasi UI.

  • Belum ada plug-in untuk CSS Export, guna mempercepat pengerjaan.

  • Kesulitan dalam menampilkan pratinjau prototipe (Prototype Live Preview).

  • Tidak bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 7.

INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages