Breaking

Sabtu, 28 Januari 2023

Perbedaan UI/UX, dua komponen penting pembuatan website!

Perbedaan UI/UX, dua komponen penting pembuatan website! 


Dalam pembuatan website, terdapat dua komponen penting yang perlu diperhatikan, yakni User Interface (UI) dan User Experience (UX). Banyak yang mengira keduanya sama, padahal, UI UX berbeda, baik dari pengertian maupun fungsinya. Apakah yang membedakan UI dan UX? Mari kita bahas penjelasan lebih lengkap mengenai UI UX.  

User Interface (UI) merupakan bagian dari User Experience (UX). UI merupakan tampilan produk yang diperlihatkan atau bisa dilihat oleh mata. UI berfokus pada antarmuka pengguna atau tampilan visual. UI biasanya lebih fokus pada visualisasi, pilihan warna, font dan layout, serta kreativitas UI. Komponen ini harus diposisikan dengan baik. Namun, antarmuka pengguna adalah bagian dari pengalaman pengguna (UX).

Sedangkan User Experience (UX) menyangkut masalah yang lebih luas dari UI. UX merupakan proses mendesain produk untuk mendapat kan pengalaman yang baik saat menggunakannya. UX akan menentukan bagaimana sebuah produk memiliki tampilan dan cara kerja yang sesuai target pengguna. Seorang UX Designer akan bertanggung jawab untuk memastikan langkah yang berjalan sesuai kebutuhan user. Cakupan UX meliputi tampilan visual, struktur desain, sistem navigasi, serta aspek interaksi dengan pengguna (User Interface). UX yang ideal akan memiliki fitur dengan tampilan menarik dan mudah digunakan. Dalam segi tujuan, UX berfokus pada mencari solusi dari sebuah masalah user.

Berikut Perbedaan UI UX

1. Tujuan Desain

Perbedaan mendasar antara UI dan UX adalah tujuan. Fokus saat membuat desain UI-UX sangat berbeda. Tujuan dari desain UI produk adalah untuk memperindah tampilan produk. Di sisi lain, desain UX dirancang untuk memberi pengguna pengalaman pengguna yang menyenangkan saat menggunakan produk. Sederhananya, fokus desain UI adalah mempercantik tampilan dan fokus desain UX adalah kepuasan pengguna.

2. Proses Desain

Dengan adanya perbedaan tujuan desain, maka prosesnya pun akan berbeda. Untuk itu, proses dalam membuat UI UX pun berbeda.

Karena lebih fokus pada UX, maka proses desain UX akan berdasarkan riset pengguna hingga mampu menghasilkan produk yang dibutuhkan dan juga disenangi oleh target audiens. Prosesnya juga harus melalui banyak tahapan dan juga memerlukan peran dari beberapa pihak, seperti UX Researcher. Setelah melakukan kegiatan riset, para desainer pun akan merancang sketsa desain dengan menggunakan wireframe dan prototype.

Sementara itu, desain UI juga membutuhkan riset yang mendalam. Tapi, riset yang dilakukan adalah riset desain agar mampu membuat desain yang cukup menarik dan sesuai dengan konsepnya. Dalam hal ini, maka para desainer UI harus membuat model desain dengan cara membuat mockup lebih dulu.

3. Komponen Desain

Komponen yang diperlukan untuk membangun desain UI fokus pada kecantikan tampilan. Komponen UI ini diantaranya mencakup gambar, warna, video animasi, buttons, typography, visual interaksi, dll.

Sedangkan desain UX mencakup seluruh komponen di dalam suatu produk, seperti struktur desain, fitur, dan navigasi. Selain itu, ada juga branding, interface, dan copywriting. Sehingga, dibutuhkan kerjasama antar tim agar bisa membuat suatu desain produk yang menarik.

4. Tools yang Digunakan

Proses dan tools yang dibutuhkan dalam membuat UI UX berbeda. Bagi para desainer UI, Keindahan gambar menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, mereka memerlukan aplikasi yang mampu mendukung pembuatan desain interface secara jelas.

Sementara itu, desainer UX memerlukan aplikasi prototyping desain agar lebih mudah dalam memperoleh feedback dari para penggunanya.

5. Skill yang Dibutuhkan

Keterampilan yang dibutuhkan dari desainer UI UX sangat bervariasi. Beberapa keterampilan UI meliputi desain merek, desain grafis, pemikiran kreatif, dan pemikiran konvergen.

Desainer UI Anda harus memiliki keterampilan yang berbeda ini saat mendesain produk agar terlihat lebih menarik dan memfasilitasi interaksi pengguna.

Di sisi lain, tugas desainer UX adalah membuat model produk pengguna untuk memfasilitasi penggunaan. Karena itu, mereka harus memiliki pemikiran analitis, penelitian, pemikiran kritis, pemecahan masalah dan pemikiran kreatif.

INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 


kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages