Breaking

Sabtu, 14 Januari 2023

Fitur Mail Marge dalam Microsoft Word yang harus kamu ketahui!

 Fitur Mail Marge dalam Microsoft Word yang harus kamu ketahui!



Mail merge merupakan salah satu fitur dalam Microsoft Word untuk membuat tulisan dalam jumlah banyak berdasarkan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet.

Membuat mail merge sangat mudah, namun tidak semua pengguna tahu caranya. Jika pengguna dapat membuat mail merge, maka pengguna bisa dengan mudah menghasilkan berbagai jenis surat, undangan dalam waktu yang lebih cepat dalam format yang sama lebih cepat dan praktis.


Sebelum membuat mail merge, pengguna harus menyiapkan dua file. Satu file tersebut akan berperan sebagai dokumen utama dan lainnya akan berfungsi sebagai sumber data untuk dimasukkan ke dokumen utama.


Fungsi Mail Merge

Sesuai pengertiannya, manfaat utama dari mail merge merupakan mempermudah kita dalam mengirimkan undangan ataupun email dalam jumlah yang banyak. Dengan fitur Mail merge, Kamu tidak butuh mengisikan satu persatu data penerima pada dokumen yang kamu kirimkan. Kala Kamu memakai fitur mail merge, pembuatan dokumen jauh lebih efisien serta efektif dan Kamu hendak mengirit banyak waktu pastinya.

Cara membuat Mail Merge

Step 1. Siapkan Dokumen

Sebelum membuat mail merge, pastikan anda sudah mempersiapkan main dokumen dan data pendukung yang berisi informasi alamat email penerima. 

Step 2. Cara membuat mail merge di Word

Dalam artikel kali ini, kami akan mempraktekan penerapan mail merge untuk pembuatan undangan rapat

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka file docs dokumen undangan yang sudah anda buat, kemudian akses ke menu mailings.

  2. Kemudian klik drop down pada Start mail merge, dan pilih step by step mail merge wizard.

  3. Kemudian akan muncul jendela mail merge di sidebar kanan aplikasi microsoft words. Silahkan pilih document type yang akan anda gunakan, dan klik next starting documents.

  4. Selanjutnya akan muncul jendela pemilihan dokumen yang akan dikirimkan. Silahkan memilih “use current document” untuk mengirimkan dokumen yang saat ini anda buka. Kemudian klik next, select recipients untuk memilih list akun penerima dokumen.

  5. Langkah selanjutnya adalah memilih dokumen data yang berisi informasi penerima dokumen yang akan dikirimkan. File ini bisa dibuat dalam bentuk file spreadsheet. Silahkan pilih opsi “Use an existing list ” pada bagian select recipients.

  6. Kemudian klik browse untuk memilih dokumen data yang akan digunakan.

  7. Setelah memilih file, maka akan muncul data yang ada di dokumen tersebut. Apabila data sudah sesuai, silahkan klik ok.

  8. Kemudian klik next untuk melanjutkan penulisan dan pengiriman dokumennya.

  9. Selanjutnya kita lakukan edit pada dokumen yang akan dikirimkan. Pada dokumen di artikel ini, field yang perlu diisikan dari dokumen data adalah nama dan alamat.
    Untuk memasukkan informasi dari dokumen data ke dokumen utama, silahkan arahkan kursor ke lokasi pengisian. Kemudian klik insert merge fileds di menu bar.

  10. Kemudian akan muncul list field yang ada pada file dokumen data yang digunakan. Silahkan pilih field sesuai dengan yang akan anda inputkan.

  11. Setelah filed diinput akan muncul tambahan karakter

  12. Setelah input field merge selesai, silahkan klik next untuk melihat tampilan dokumen yang akan dikirimkan setelah field merge diinput.

  13. Anda dapat melakukan preview setiap dokumen dengan klik tanda “>>” pada sidebar kanan aplikasi Microsoft Words.

  14. Apabila sudah sesuai, silahkan klik completed untuk menyelesaikan proses mail merge.

  15. Selanjutnya adalah melakukan proses pengiriman email dokumen yang sudah dibuat. Silahkan klik menu “finish & merge”, kemudian pilih opsi “Send email messages”.

  16. Kemudian pilih field yang berisi list akun email dari dokumen data yang digunakan, kemudian isikan subject email yang akan dikirimkan. Setelah itu klik “Ok”.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages