Breaking

Sabtu, 14 Januari 2023

Baru mau belajar desain grafis? kenali perbedaan dua aplikasi desain, Photoshop dan Coreldraw!

Baru mau belajar desain grafis?

kenali perbedaan dua aplikasi desain

Photoshop dan Coreldraw!


Saat memulai belajar editing, kita perlu mengenal dua aplikasi desain yaitu Adobe Photoshop dan CorelDRAW, kedua aplikasi ini merupakan software desain grafis yang sama sama bisa digunakan untuk mengedit gambar. Ada desainer grafis yang hanya menggunakan salah satu, dan ada ada juga yang menggunakan keduanya. Kedua aplikasi ini tentu memiliki kemampuan dan fungsi berbeda. Apa saja perbedaan dari kedua aplikasi ini, sebelum itu kita akan berkenalan dulu dengan kedua aplikasi ini


Pertama, Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai market leader. Photoshop Creative Suite atau biasa disebut Photoshop CS, adalah merupakan versi 8 dari Adobe Photoshop lanjut ke versi seterusnya.


Selain memiliki fitur yang mudah untuk pemula, photoshop juga memiliki beberapa  fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal, dan dapat mensuport beberapa format file, sehingga bagi  seorang desain grafis hal ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus ada untuk desain grafis, karena photoshop memiliki fasilitas yang sangat cocok bagi seorang desain grafis.


Photoshop dikhususkan untuk editing dengan format bitmap. Foto adalah salah satunya, saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik jika di bandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Bisa di katakan juga hampir tidak memiliki tandingan. Format File Photoshop mampu untuk membaca dan menulis gambar berformat raster ataupun vektor seperti contohnya format .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain.


Photoshop juga memiliki format file yang khas:


1. PSB adalah versi upgrade dari PSD yang didesain untuk file yang memiliki lebih dari 2 GB.

2. PSD adalah format yang digunakan untuk gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, blend mode, mask, dan lain lain, hal ini memungkinkan untuk file gambar bisa di edit ulang.

3. PDD adalah versi lain dari PSD tetapi hanya dapat mendukung software Photshop Deluxe.


Kelebihan Photoshop

  1. Dengan mudah melakukan editing foto.
  2. Bisa memberikan efek pada gambar dengan tidak terbatas.
  3. Banyak tools yang beragam fungsinya.

Kekurangan Photoshop

  1. Untuk orang awam akan kebingungan jika menggunakan banyak layer.
  2. User interface sering berubah.

Selanjutnya, CorelDraw. CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Kelebihan dan kekurangan corel draw


Kelebihan :

  1. User Friendly
  2. Format Import dan Export Lengkap
  3. Kualitas Resolusi Tinggi
  4. Ramah di Percetakan


 Kekurangan :

  1. Ukuran file besar
  2. Sulit untuk membuat tabel
  3. Color Space harus dikoreksi sebelum penggunaan secara profesional


Setelah tau pengertian dari masing-masing aplikasi, selanjutnya mari membahas apa perbedaan kedua aplikasi tersebut.


Pertama, Bentuk Gambar. Kedua aplikasi ini menggunakan format atau bentuk gambar yang berbeda. CorelDraw berbasis vektor, sedangkan Photoshop berbasis raster (pixel).


Kedua, Format File. Format di sini maksudnya ketika kita menyimpan (save) file yang sudah kita buat ya. Ketika kita menggunakan CorelDraw, maka file akan berformat .CDR. Berbeda dengan Photoshop yang formatnya .PSD.

Selain menyimpan gambar, sebenarnya kita juga bisa export file ke berbagai format. Pada CorelDraw, format file yang dibuat lebih banyak daripada di Photoshop.


Ketiga, Sistem Layer. Sistem layer di sini adalah lembar kerja ketika kita menggunakan aplikasi desain ini. Apakah menggunakan layer yang berlapis, atau hanya satu layer saja seperti halnya selembar kertas.

Kalau kamu memakai CorelDraw, maka lembar kerjanya hanya berupa satu layer saja. Berbeda dengan Photoshop yang bisa membuat banyak layer untuk mendesain.


Keempat, Zoom In. Basis gambar yang dibuat pada program desain tentu berpengaruh pada kualitas gambar. Nah, kalau kamu menggunakan CorelDraw, gambarnya akan berformat vektor. Sehingga, ketika di zoom in (perbesar) gambarnya tidak pecah. Kalau kamu memakai Photoshop yang basisnya pixel, gambar akan pecah ketika diperbesar. Maka dari itu, biasanya desainer akan membuat lembar kerja yang berukuran besar agar gambar yang dihasilkan tetap bagus ketika dicetak. 

Itulah perbedaan dari program Photoshop dan CorelDraw. Jika anda berniat belajar aplikasi desain lebih lanjut, Lkp Fitri Al Baasitu Menyediakan kelas Desain Grafis. Untuk Informasi lebih lanjut sillahkan kunjungi website resmi fitrialbaasitu.com



 INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages