Breaking

Rabu, 29 Maret 2023

Pengertian dan Fungsi Multimedia

 Pengertian dan Fungsi Multimedia




Multimedia adalah penggunaan lebih dari satu jenis media dalam suatu sistem atau program komputer untuk menyampaikan atau memproses informasi. Multimedia mencakup penggunaan teks, gambar, suara, animasi, video, dan interaktivitas yang semuanya digunakan bersama-sama dalam suatu sistem atau program.


Contoh aplikasi multimedia adalah aplikasi pembelajaran online, video game, situs web, program televisi interaktif, presentasi bisnis, dan banyak lagi. Tujuan utama multimedia adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan lebih banyak informasi dan menarik perhatian pengguna dengan visual yang menarik dan pengalaman interaktif.


Fungsi Multimedia

Multimedia memiliki fungsi utama yaitu sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah informasi.

Informasi tersebut disampaikan karena manusia lebih mudah mengingat informasi ketika teks atau audio dan citra visualnya menjadi satu. Serta multimedia menjadikan komunikasi dapat berjalan lebih efektif daripada metode-metode klasik yang selama ini dipakai, terutama dalam hal komunikasi masal.

Manfaat Multimedia

Multimedia banyak memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Berguna bagi informasi umum, dapat ditemukan di berbagai tempat umum seperti hotel, stasiun.

  • Berguna bagi media pembelajaran, agar ilmu yang disampaikan lebih menarik sehingga pelajar lebih mudah mengingat pelajaran tersebut.

  • Berguna bagi bidang kesehatan, agar dapat memudahkan tenaga medis dalam pemeriksaan Kesehatan sehingga bisa menentukan penanganan paling tepat untuk para pasien.

Komponen Multimedia

Komponen-komponen yang terdapat dalam multimedia, yaitu:

1. Teks

Komponen dasar multimedia yaitu teks. Teks merupakan kesatuan Bahasa yang memiliki isi dan bentuk dituangkan menjadi sebuah tulisan. Tulisan ini berguna bagi pengirim untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya. Teks sudah berperan dalam menyampaikan informasi sejak ribuan tahun yang lalu. 

Saat ini, teks telah berkembang dengan adanya komputer, terdapat beberapa jenis teks yang berkembang, seperti plain text (TXT), rich text (RTF), dan hypertext (HTML).

2. Suara

Suara atau audio merupakan salah satu komponen dalam multimedia. Dalam multimedia, suara dikategorikan sebagai sebuah simbol verbal yang berperan dalam teknologi komunikasi dan untuk memperjelas suatu informasi yang disampaikan.

Bentuk suara dalam multimedia berupa rekaman, musik atau efek suara lainnya.

3. Video

Video merupakan singkatan dari kata visual dan audio, yang berarti suatu komponen yang dapat menyajikan susunan atau urutan gambar dan suara secara bersamaan.

Ada beberapa format audio dalam sebuah video yang sering digunakan, yaitu:

  • MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3)

  • AIFF (Audio Interchange File Format)

  • WAV (Wavefrom Audio)

  • AAC (Advanced Audio Coding)

  • WMA (Windows Media Audio)

  • MIDI (Musical Instrument Digital Interface)

  • Serta real audio.

4. Grafik

Grafik dalam multimedia berkaitan dengan foto dan gambar. Grafik dalam multimedia berguna untuk memperindah komponen teks yang ditampilkan.

Gambar dalam grafik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor yang sering ditemukan dalam perangkat lunak pengolah gambar.

5. Animasi

Dalam multimedia, komponen animasi sangat diperlukan untuk mendukung sebuah tampilan informasi menjadi lebih menarik.

Animasi merupakan suatu teknik yang menampilkan setiap frame secara berurutan dan gambar akan terlihat seolah-olah sedang bergerak, contohnya adalah animasi stop motion.

Sistem Multimedia

Sistem dalam multimedia dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sistem Multimedia Stand Alone

Sistem multimedia stand alone merupakan sistem multimedia dalam komputer yang memiliki minimal storage seperti harddisk atau CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW.

Selain itu harus memiliki hardware input atau output seperti keyboard, speaker dan monitor serta VGA dan soundcard.

2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan

Sistem multimedia berbasis jaringan merupakan sistem multimedia yang terhubung melalui jaringan dengan mempunyai bandwidth yang besar.

Contoh sistem multimedia berbasis jaringan yaitu video converence dan video broadcast.

Namun sistem multimedia berbasis jaringan ini memiliki permasalahan, yaitu bila bandwidth kecil maka akan terjadi kemacetan pada jaringan komputer.

Jenis-jenis Multimedia

Multimedia berdasarkan karakteristiknya dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Multimedia Linier

Multimedia linier merupakan multimedia satu arah yang paling umum ada di masyarakat. Pengguna multimedia linier tidak dapat memberikan respon terhadap informasi yang diberikan, serta dapat berjalan tanpa control dari penggunanya.

Contoh multimedia linier yaitu rekaman video atau film, musik, dan e-book.

2. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan multimedia dua arah yang dimana penggunanya dapat memberikan respon terhadap informasi yang diberikan.

Multimedia interaktif menggabungkan media lain seperti teks, desain grafis dan audio sehingga memerlukan alat bantu berupa komputer, mouse dan keyboard yang dioperasikan oleh penggunanya.

Contoh multimedia interaktif yaitu game, pemutar video, website dan aplikasi program.

3. Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktif sering disebut dengan richmedia merupakan multimedia yang mempunyai struktur dimana penggunanya diarahkan melalui link dengan unsur multimedia yang ada.

Contoh dari multimedia hiperaktif yaitu world wide web, beberapa jenis web site, mobile banking, dan Game online.

4. Multimedia Kits

Multimedia kits merupakan multimedia yang digunakan untuk pembelajaran dengan melibatkan beberapa jenis media dan diorganisir oleh optik tunggal. Biasanya multimedia ini banyak digunakan karena multisensorik dan cocok untuk proyek-proyek kecil di dalam maupun di luar ruangan.

Contoh dari multimedia kits yaitu CD-ROM, kaset audio, gambar statis dan transparasi.

Contoh Produk Multimedia

Contoh dari beberapa produk multimedia, yaitu:

  • Contoh multimedia dari audio, yaitu lagu, soundtrack dan sound effect.

  • Contoh multimedia dari grafis, yaitu brosur, pamflet, poster dan cover book.

  • Contoh multimedia yang menggabungkan grafis dengan audio, yaitu film, video clip dan thriller.

  • Contoh multimedia dari animasi, yaitu media pembelajaran interaktif dan film animasi.

Kelebihan dan Kekurangan Multimedia

Kelebihan Multimedia

Multimedia mempunyai beberapa keuntungan, seperti sebagai media alternatif dalam menyampaikan pesan dapat dilakukan dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi dan dapat menarik perhatian masyarakat karena meningkatnya kualitas penyampaian informasi.

Kekurangan Multimedia

Selain keuntungan, multimedia juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Dapat menyebabkan kebingungan pada informasi yang disampaikan bila desain dari multimedia tersebut tidak bagus.

  • Tidak dapat dinikmati oleh orang yang memiliki keterbatasan fisik.

  • Beberapa multimedia memerlukan spesifikasi jenis komputer khusus.


INFO LEBIH LANJUT

🟢 081359304039

🟣 @lkpfitrialbaasitu

🔵 Komputer Kursus Madiun Fitri Al Baasitu

🔴 LKP FITRI AL BAASITU

🌐 www.fitrialbaasitu.com

🔴  WEBSITE

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun, kursus desain grafis madiun, fitri al baasitu, kursus prakerja madiun fitri al baasitu, kursus murah di madiun, kursus desain grafis madiun, kursus dan pelatihan autocad madiun, promo digital marketing madiun, kursus digital marketing madiun, kursus paket murah madiun, kursus akuntansi di madiun, kursus akuntansi murah, kursus corel di madiun, lembaga dan pelatihan di madiun, kartu prakerja di madiun, kursus komputer, lembaga pendidikan komputer, kursus komputer terdekat, les komputer terdekat, tempat kursus komputer terdekat, belajar bahasa pemrograman, kursus komputer bersertifikat terdekat, les komputer, biaya kursus komputer, kursus microsoft office, pelatihan komputer, kursus komputer online, fitri al baasitu, belajar bahasa pemrograman dasar, kursus excel bersertifikat, kursus komputer bersertifikat, kursus microsoft office bersertifikat, kursus komputer online bersertifikat, kursus komputer di solo, tempat kursus komputer, fitri al baasitu pelatihan prakerja, lembaga kursus komputer, kursus jaringan komputer, pelatihan microsoft office bersertifikat, kursus it online, harga kursus komputer bersertifikat, kursus komputer murah, biaya kursus komputer terdekat, belajar komputer online, kursus teknisi komputer, biaya kursus komputer 2023, harga kursus komputer, kursus komputer terbaik, pelatihan excel bersertifikat, biaya les komputer per bulan, belajar bahasa komputer, kelas komputer online, kursus komputer untuk pemula, biaya les komputer, kursus komputer administrasi perkantoran, les privat komputer, kursus komputer tanggul, harga les komputer, kursus teknik informatika, les komputer online, biaya kursus komputer 2023, kursus komputer solo, privat komputer, pelatihan komputer online, lpkii, kursus komputer microsoft office, pelatihan komputer bersertifikat, kursus bahasa pemrograman, kursus komputer kudus, paket kursus komputer, kursus online microsoft office, adhitama kursus komputer, bimbel komputer, kursus merakit komputer, kursus autocad online bersertifikat, kursus komputer akuntansi, biaya kursus komputer di solocom, bimbel komputer terdekat, kursus microsoft office terdekat, kursus bordir komputer, kursus komputer excel, biaya kursus microsoft office, kursus jaringan komputer online, biaya kursus service laptop, kursus teknisi komputer online, kursus jaringan, kursus laptop terdekat, khursus komputer, pelatihan teknisi komputer, kursus komputer perkantoran, belajar teknisi komputer, kursus komputer di kebon jeruk, program kursus komputer, les komputer bersertifikat, kursus algoritma pemrograman, biaya kursus it, kursus komputer cilegon, kursus service komputer, les coding terdekat, kursus komputer desain grafis, biaya les komputer privat, kursus komputer di sleman, kursus myob, kursus private komputer, pendaftaran kursus komputer, kursus komputer di cilegon, les excel terdekat, biaya privat komputer, kursus hardware komputer, kursus komputer 2023, kursus belajar komputer, kursus komputer ms office, kursus ilmu komputer, mediakita kursus komputer, kursus word


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages