Breaking

Rabu, 18 Januari 2023

Sejarah Android Dari Masa Ke Masa

Sejarah Android Dari Masa Ke Masa


Android 4.4 (KitKat)

Android 4.4 atau Android KitKat dirilis perdana pada 3 September 2013. Awalnya nama yang disematkan adalah Key Lime Pie, namun pada akhirnya diganti jadi KitKat supaya lebih banyak orang yang tahu. Tampilan Android KitKat lebih baik dari seri sebelumnya yaitu versi Android Jelly Bean. Pada saat layar terkunci, Versi ini juga dapat menampilkan gambar album saat memutar musik.

Saat digunakan untuk membaca e-book, tampilan dapat diubah jadi full screen. Semua bar notifikasi disembunyikan agar tampilan buku terlihat penuh. Android 4.4 at juga punya performa sistem lebih tinggi. Layar sentuh atau touchscreen bisa merespon lebih cepat. Aplikasi telepon juga dapat memprioritaskan atau mengutamakan kontak berdasarkan orang yang paling sering dihubungi.

Android 5.0 (Lollipop) Android 5.0 Lollipop atau biasa dikenal dengan nama Android L diluncurkan pada 25 Juni 2014. Desain antarmukanya atau user interfacce menggunakan nama “Material Design.” Desain user interface berbasis grid, animasi, dan transisi responsif. Juga tersedia efek pencahayaan dan bayangan pada tampilan supaya lebih menarik dalam penggunaanya.

Android 5.0 Lollipop memiliki dukungan Project Volta yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan baterai hingga 30% lebih lama. Tersedia juga fitur Factory Reset Protection jadi ketika smartphone hilang, perangkat tidak dapat direset ulang tanpa memasukan user dan password Google pemilik smartphone.


Android 6.0 (Marshmallow)

Android 6.0 Marshmallow mempunyai tampilan yang didesain ulang supaya lebih fresh. Saat aplikasi diinstal, tidak akan diberi izin ke semua hak akses secara otomatis atau langsung. Pengguna atau user bisa memberikan hak akses atau menolak untuk setiap aplikasi yang diinstal pada smartphone.

Versi Android 6.0 Marshmallow mempunyai skema manajemen daya yang bernama doze. Skema ini dapat mengurangi aktivitas aplikasi di layar belakang agar tidak memakan sumber daya baterai dan kuota internet. sistem operasi ini juga sudah support dalam pengenalan sidik jari untuk buka kunci layar dan otentikasi di Google Play Store.

Android 7.0 - 7.1 (Nougat) Android 7.0 - 7.1 Nougat atau dikenal dengan nama Android N adalah rilis hebat dari Google. Sistem operasi versi Android nougat ini dirilis dalam mode preview untuk developer atau pengembang pada tanggal 9 Maret 2016. Program Beta terbaru ini dapat memungkinkan perangkat yang mendukung bisa meningkatkan versi Android secara Over The Air (OTA).


Android Nougat rilis terakhir resmi dari pada 22 Agustus 2016. Urutan versi Android ke-13 ini mempunyai fitur untuk menampilkan kalibrasi warna, layar zoom, serta beralih aplikasi lain dengan cara tekan tombol Recent Apps. Pengguna atau user juga dapat menghapus semua aplikasi di Recent Apps.


Android 8.0 - 8.1 (Oreo) Urutan Android berikutnya adalah Android 8.0 - 8.1 atau Android Oreo yang dirilis pada Agustus 2017. Project Treble ini memunculkan arsitektur modular yang membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk pembuat hardware dalam menghadirkan pembaruan Android.

Android 8.0 -8.1 Oreo juga memberikan opsi untuk menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal atau diluar dari Google Play Store. Kinerja Android Oreo diklaim 2x lebih cepat dibanding sistem operasi Android Nougat menurut Google. Untuk keamanan, Android Oreo punya fitur Google Play Protect untuk mengamankan aplikasi yang ada di toko aplikasi (Google Play Store).

Android 9 (Pie) Android 9 Pie merupakan urutan Android ke-15 yang dirilis perdana pada 6 Agustus 2018. Versi Android ini mempunyai fitur Adaptive Battery yang dapat mengatur pola daya dan aktivitas aplikasi yang dapat menguras sumber daya baterai. Selain itu, terdapat juga fitur Adaptive Brightness yang bisa mengatur kecerahan layar untuk menghemat pemakaian baterai.

Versi Android 9 Pie juga memberikan fitur gesture untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Tersedia juga dashboard khusus untuk mengetahui aplikasi mana yang paling sering digunakan atau dipakai. Pengguna atau user juga bisa membatasi waktu penggunaan aplikasi.

Android 10 (Android Q) Android 10 atau Android Q dirilis untuk pertama kali pada 3 September 2019. Sebulan sebelum perilisan, Google sudah memberi tahu bahwa versi Android terbaru ini tidak lagi menggunakan nama makanan manis atau pencuci mulut seperti versi android sebelumya. Namun secara internal, Android 10 diberi julukan nama yaitu Android Quince Tart.

Versi Android 10 atau Android Q mempunyai fitur Teks Otomatis yang bisa memberikan teks pada video maupun podcast yang telah direkam, tanpa harus terhubung ke WiFi atau data seluler (jaringan internet). Pengguna atau user juga mendapat saran untuk balas pesan dan tindakan aplikasi langsung dari bar notifikasi.

Android 11 (Red Velvet Cake) Urutan Android ke-17 yaitu Android 11 atau nama versi internalnya Red Velvet Cake ini dirilis resmi pada 8 September 2020. Sistem operasi Android 11 bisa mengelompokkan atau menggolongkan aplikasi dalam status notifikasi. Semisal semua aplikasi perpesanan digabung dalam notifikasi Conversation.

Android 11 ini mempunyai fitur Balon yang dapat membuat pengguna atau user melanjutkan percakapan setelah mengakses aplikasi lain. Akses chat kapan saja dan di mana saja jadi lebih mudah. Android 11 ini juga mempunyai fitur perekam layar (Screen Recording) bawaan. Serta ada juga fitur izin satu kali ke apliaksi yang meminta akses.

Android 12 (Snow Cone) Yang berikutnya adalah Android 12 akhirnya google kembali lagi menggunakan nama makanan manis, yaitu dengan nama Snow Cone. Android versi 12 ini dirilis pada 4 Oktober 2021. Urutan Android versi terbaru ini memiliki update yang signifikan pada Desain Material yang kemudian disebut sebagai “Material You.”

Sistem operasi Android 12 ini bisa secara otomatis menghasilkan tema warna untuk menu sistem dan aplikasi yang disupport menggunakan warna wallpaper pengguna. Android 12 juga tersedia fitur untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot tampilan web secara utuh atau bergulir. Pengguna atau user juga bisa mencegah atau mengantisipasi aplikasi untuk menggunakan aplikasi dan mikrofon melalui pengaturan cepat.

Android 13 (Tiramisu) Android 13 atau Android Tiramisu merupakan versi sistem operasi dari Android yang ke-20. Sistem operasi Android 13 pertama kali diperkenalkan ke publik pada 10 Februari 2022. Urutan Android 13 ini dirilis sekitar 4 bulan setelah versi stabil dari Android 12 dirilis. Android 13 ini berfokus pada penyempurnaan fitur-fitur pada Android 12L, meningkatkan privasi, keamanan, dan optimalisasi user interface untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Versi Android 13 punya ini mempunyai fitur pemilih foto baru. Fitur ini dapat memungkinkan pengguna atau user bisa mengatur foto atau video tertentu yang bisa dibagikan dengan aplikasi. Berbeda seperti versi sebelumnya yaitu Android 12 yang memberi akses ke semua foto dan video di library. Di Android 13 ini pengguna atau user juga dapat mengkustomisasi ikon aplikasi dengan warna yang sama seperti tema atau wallpaper yang digunakan pada smartphone.

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan android:

Kelebihan Android


Kekurangan Android



INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages