Breaking

Rabu, 18 Januari 2023

Apa itu jaringan komputer? Mari kita bahas!

Apa itu jaringan komputer? Mari kita bahas! 


Apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.

Bagaimana cara kerja jaringan komputer?

Node dan tautan adalah blok bangunan dasar dari jaringan komputer. Node jaringan dapat berupa peralatan komunikasi data (DCE), seperti modem, hub, atau sakelar, atau peralatan terminal data (DTE), seperti dua atau lebih komputer dan printer. Tautan adalah sarana pengiriman yang menghubungkan dua node. Tautan dapat berupa fisik, mis. B. kabel atau serat optik, atau dapat berupa ruang kosong yang digunakan oleh jaringan nirkabel.

Dalam jaringan komputer yang berfungsi, node mengikuti seperangkat aturan, atau protokol, yang mengatur bagaimana data elektronik dikirim dan diterima melalui koneksi. Arsitektur jaringan komputer menentukan desain komponen fisik dan logis ini. Arsitektur jaringan komputer menyediakan spesifikasi untuk komponen fisik jaringan, organisasi fungsional, protokol, dan prosedur.

Ada berbagai jenis jaringan komputer yang mungkin pernah Anda dengar atau gunakan di rumah dan bisnis seperti: B. LAN atau WLAN. Namun ternyata ada berbagai jaringan komputer yang bisa digunakan. sesuatu?

1. LAN

LAN atau jaringan area lokal adalah jenis pertama dari jaringan komputer. LAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan perangkat terdekat. Jaringan komputer LAN kabel sebagai saluran.

Karena LAN menghubungkan komputer atau perangkat satu sama lain dengan kabel, mereka biasanya berada di rumah yang sama atau di bawah atap yang sama.


2. MAN

Selain jaringan lokal, ada juga jaringan MAN yaitu. jaringan metropolitan, jaringan komputer yang tujuannya untuk menghubungkan komputer dan perangkat di dalam kota. Artinya jaringan komputer MAN lebih luas dari pada jaringan lokal.

Sebagai aturan, jaringan komputer MAN ini digunakan oleh komputer atau perangkat dari satu instalasi ke instalasi lainnya, yang masih berada dalam wilayah administratif yang sama.

3. WAN

Jenis jaringan komputer berikutnya adalah WAN atau Wide Area Network. Jaringan komputer WAN dapat menghubungkan beberapa komputer, perangkat, juga jenis-jenis jaringan komputer lainnya, seperti LAN dan WLAN.

Jangkauan WAN lebih luas atau jauh dibandingkan dengan MAN. Bahkan WAN bisa menjangkau perangkat atau komputer yang ada di luar negeri. Contoh penerapan jaringan komputer WAN adalah jaringan internet, yang bisa menjangkau perangkat di manapun.

4. WLAN

Mirip dengan LAN, jaringan WLAN atau Wireless Local Area Network ini tidak membutuhkan kabel sebagai penghubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dengan penggunaan perangkat WLAN, maka berbagai perangkat bisa dihubungkan dengan komputer, namun dalam jangkauan yang dekat.

5. PAN

Jaringan komputer tidak selalu menghubungkan kumpulan komputer dalam satu tempat atau area. Jaringan komputer juga bisa digunakan secara personal, seperti PAN atau Personal Area Network.

PAN merupakan jenis jaringan komputer yang digunakan oleh pribadi untuk menghubungkan perlengkapan elektronik miliknya ke komputer. Contohnya adalah menghubungkan komputer ke printer, atau ke speaker.

6. EPN

EPN atau Enterprise Private Network sebenarnya sama dengan jaringan komputer lainnya, yaitu menghubungkan berbagai perangkat, komputer, atau data dari satu komputer dan perangkat ke perangkat lainnya.

Namun perbedaan EPN dengan jaringan komputer lainnya ada pada faktor keamanannya. Menggunakan EPN akan lebih aman dan biasanya digoleh perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai data rahasia. 

7. VPN

Penggunaan VPN atau Virtual Private Network digunakan agar kegiatan mengakses internet menjadi lebih aman, juga tidak terlacak. Dengan menggunakan jaringan VPN, maka koneksi internet akan terhubung ke jaringan pribadi server atau perusahaan.

INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages