Breaking

Selasa, 17 Januari 2023

Sejarah Android Dari Masa Ke Masa

Sejarah Android Dari Masa Ke Masa



Android adalah software sistem operasi seluler yang didasarkan pada versi modifikasi atau pengembangan dari kernel Linux dan perangkat sumber terbuka lainnya. Android dirancang atau didesain untuk perangkat seluler terutama layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Software sistem operasi ini pertama kali dirilis pada bulan September 2008, di mana Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang disponsori secara bisnis oleh Google.


Selain dari itu Android juga merupakan perangkat lunak atau software gratis dengan sumber terbuka, dalam artian Google memperbolehkan atau mempersilahkan pengguna untuk mengembangkan sistem operasi tersebut. Android juga mempunyai toko aplikasi yang diberi nama Google Play Store. Tentunya bagi teman-teman yang menggunakan smartphone dengan sistem Android, dapat secara bebas mengunduh atau mendownload aplikasi atau game yang terdapat pada Google Play Store.


Hingga saat ini android sendiri telah merilis beberapa versi sistem operasi mulai dari versi Android 1.0 Alpha singga saat ini Android 13 Tiramisu. Google sendiri hampir memberi semua versi androidnya dengan nama makanan cotohnya Kitkat, Lollipop, Nougat, Oreo, Pie, dan sebagainya.


Berikut merupakan versi android dari yang pertama hingga saat ini


Android 1.0 Alpha


Android 1.0 adalah versi pertama Android yang dirilis Google dan OHA (Open Handset Alliance) pada 23 September 2008 dan diberi kode nama Alpha. OS Android versi komersial pertama ini diluncurkan ke publik dan diaplikasikan ke smartphone HTC. Di versi pertama ini, Android 1.0 Alpha sudah dibekali fitur dasar seperti: Google Mail (gmail), Google Talk, YouTube, dan lainnya.


Android Market sudah disediakan untuk mengunduh atau mendownload dan update aplikasi. Browser juga tersedia untuk menampilkan, memperbesar, dan melihat informasi di dalam halaman web HTML dan XHTML. Bar notifikasi juga dapat muncul di status bar. Pengguna atau user juga bisa mengatur nada dering, brightness layar, dan nada getar. Smartphone dengan Android 1.0 Alpha juga bisa terkoneksi ke WiFi dan Bluetooth.


Android 1.1 Beta


Versi Android 1.1 dirilis pada 9 Februari 2009 dan diberi nama dengan Android Beta. Update android ini awalnya hanya untuk HTC Dream saja. Versi Android terbaru ini memperbaiki bug pada versi sebelumnya yaitu versi alpha, mengubah API Android, dan menambah beberapa fitur baru. Fitur baru Android Beta memungkinkan pengguna atau user untuk mencari rincian dan review pada lokasi bisnis di Google Maps.


Sistem operasi Android Beta juga dapat menampilkan dan menyembunyikan tombol panggilan. Untuk pengguna yang suka kirim email, Versi Android terbaru ini juga bisa menyimpan lampiran pada pesan. Android 1.1 Beta juga mendukung marquee atau program HTML untuk membuat teks bisa bergerak.


Android 1.5 (Cupcake)

Android 1.5 adalah versi Android pertama yang diberi nama makanan. Nama makanan pada versi Android diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam menghapal dan mengingat urutan versi Android. Versi ini dirilis resmi pada 27 April 2009 dan menggunakan nama Cupcake. Android Cupcake menggunakan kernel Linux 2.6.27.


Perubahan pada versi Android ini tergolong cukup signifikan karena juga ada perubahan pada tampilan User Interface (UI). Android 1.5 Cupcake support keyboard virtual pihak ketiga, dapat menampilkan Widget, memutar dan merekam video format MPEG-4 dan 3GP, Pairing Bluetooth audio A2DP dan AVRCP, dapat upload video ke YouTube, dan masih banyak fitu lagi.


Android 1.6 (Donut)


Versi Android 1.6 dirilis pada 15 September 2009 dan diberi nama Donut. Versi Android ini dirilis didasarkan kernel Linux 2.6.29. Ada beberapa fitur menarik yang tersedia di versi ini adalah Opsi pencarian dengan teks dan suara ditingkatkan, terdapat fitur cuplikan aplikasi di Android Market, dan support mesin sintetis multi bahasa sehingga aplikasi bisa mengucapkan teks.


Android versi Donut ini juga mengintegrasikan kamera dan galeri sehingga hasil foto dan video bisa diakses dengan lebih cepat. User Interfase Android juga memungkinkan pengguna menghapus banyak foto. Android 1.6 Donut juga support perangkat dengan resolusi layar WVGA.


Android 2.0 - 2.1 (Eclair)


Android versi 2.0-2.1 dengan nama Eclair dirilis dengan kernel Linux 2.6.29. Sinkronisasi akun ditingkatkan agar pengguna atau user bisa menambah akun untuk Email dan kontak hp.Versi ini juga mendukung Bluetooth 2.1. Android versi Eclair sudah mendukung fitur baru pada kamera, seperti: Flash, Zoom Digital, serta mode makro.


Secara garis besar, Android versi Eclair mengoptimalkan kecepatan perangkat lunak (software) dan perubahan user interface (UI). Tampilan UI kini disesuaikan untuk layar dengan resolusi lebih besar. Di versi ini juga tersedia fitur MotionEvent yang ditingkatkan untuk melacak aktivitas multi-touch pada layar sentuh (touch screen).


Android 2.2 (Frozen Youghurt - Froyo)


Android versi 2.2 dengan nama versi Frozen Yoghurt (Froyo) memiliki basis kernel Linux 2.6.32. Android versi Froyo meningkatkan fungsi USB Tethering dan WiFi Hotspot. Versi ini tersedia opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler. Untuk aplikasi Android Market sudah ditambah fitur untuk update secara otomatis.


Fitur inovatif di Android versi Froyo ini memungkinkan dukungan ke Bluetooth yang ada di mobil. Android Froyo bisa menampilkan animasi GIF dan upload file pada aplikasi browser. Versi ini juga tersedia dukungan pemasangan aplikasi pada penyimpanan eksternal (micro sd). Android 2.2 juga sudah support Adobe Flash.

Android 2.3 (Ginggerbread)


Android 2.3 dengan nama Gingerbread adalah momen di mana mulai banyak smartphone bersistem operasi Android yang muncul di pasaran. Sistem operasi ini dirilis pada 6 Desember 2010 dengan berbasis kernel Linux 2.6.35. Google memperbaiki desain antarmuka (User Interface) pengguna dengan meningkatkan performa dan kesederhanaan tampilan.


Sistem operasi ini juga sudah support telepon internet (VoIP), NFC, multikamera, dan sensor Giroskop dan Barometer. Android versi Gingerbread juga punya fitur peningkatan daya yang dapat mengelola aplikasi yang beroperasi terlalu lama.


Android 3.0 -3.2 (Honeycomb)


Android 3.0 - 3.2 dengan nama Honeycomb dirilis pada 22 Februari 2011 khusus untuk perangkat tablet. Sistem Operasi ini hadirkan optimasi dukungan tablet dengan antarmuka (User Interface) pengguna virtual yang intuitif. Sistem operasi ini juga mendukung System Bar yang dapat memberi akses cepat ke notifikasi, status, dan tombol navigasi di bawah layar.


Di versi ini dilengkapi fitur Recent Apps pada System Bar memungkinkan pengguna atau user melihat aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Keyboard didesain ulang, agar pengguna atau user bisa mengetik lebih cepat di layar besar. Android Honeycomb juga menghadirkan dukungan prosesor multi-core dan enkripsi data pengguna.


Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)


Android 4.0 atau biasa disebut Ice Cream Sandwich menghadirkan tombol navigasi yang ada di OS Android Honeycomb. Launcher dapat dikustomisasi. Pengguna atau user juga bisa memisahkan widget di tab baru agar tampilan layar lebih rapi. Di versi Android ini pengguna bisa menggunakan fitu screenshot layar hp dengan cara menekan tombol daya dan volume down bersamaan.


Sistem operasi Ice Cream Sandwich juga support fitur pengenal wajah. Pengguna dapat membuka kunci layar dengan wajah. Fitur baru yang ada di sistem operasi ini memungkinkan pengguna atau user bisa membatasi pemakaian data dan mematikan aplikasi yang menghabiskan kuota di latar belakang.


Android 4.1 - 4.3 (Jelly Bean)


Android 4.0 - 4.3 yang biasa deikenal dengan nama Jelly Bean dirilis resmi oleh Google pada 27 Juni 2012. Versi Android Jelly Bean ini meningkatkan fungsi dan kinerja antarmuka (User Interface) pengguna yang cukup penting. Juga tersedia dukungan frame rate hingga 60 fps agar tampilan user interface lebih halus. Waktu vsync pada animasi User interface dikelola oleh framework Android untuk menampilkan efek sentuh yang halus.


Versi Android Jelly Bean dapat juga mematikan notifikasi aplikasi tertentu. Pengguna atau user bisa kustomisasi tata letak antarmuka dan mengatur ukuran shortcut dan widget. Peningkatan signifikan yang dihadirkan versi Android Jelly Bean ada pada pencarian suara dan aplikasi kamera.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages