Breaking

Selasa, 31 Januari 2023

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Email

 Pengertian, Fungsi, dan Jenis Email


KURSUS KOMPUTER MADIUN, Jika di masa lalu kegiatan atau aktivitas surat menyurat hanya bisa dilakukan dengan menulis pada selembar kertas lalu melalui kantor pos untuk melakukan pengiriman, saat ini kegiatan atau aktivitas ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan jaringan Internet yang disebut dengan Email.


Perkembangan atau kemajuan teknologi yang pesat membawa dampak atau pengaruh yang cukup besar dalam dunia komunikasi. Saat ini banyak media ataupun platform yang dapat dijadikan sebagai pilihan atau opsi untuk seseorang ketika ingin berkomunikasi. Salah satunya adalah menggunakan media email.


Pengertian E-mail

Email merupakan singkatan Electronic Mail yang memiliki arti surat elektronik. Pengertian email adalah sarana atau media yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan atau surat dengan format digital malalui jaringan internet dan komputer. Dengan menggunakan Email mengirim pesan atau surat akan lebih menghemat waktu dan biaya, karena hanya memerlukan beberapa detik surat/pesan kita sampai tujuan dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa yang harus melalui kantor pos atau jasa pengiriman lainnya. Isi surat atau pesan pada Email dapat kita isi dengan berbagai macam konten seperti gambar/suara dan vidio. Selain itu Email tidak hanya digunakan untuk mengirim surat/pesan saja, tapi juga diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain.


Cara Kerja E-mail

Sebetulnya cara kerja email atau electronic mail itu simpel atau sederhana. Cara kerja email secara simpelnya itu seperti halnya pada saat kita menulis surat kepada orang lain atau saudara, yang membedakan yaitu email dengan surat yang dbiasa itu, pada email bisa disertai atau lampirkan dengan file-file atau konten tertentu yang ingin kita kirim selain itu dalam waktu pengiriman lebih cepat. Berikut ini adalah cara kerja email beserta gambarnya.

  1. Pemilik email harus membuka emailnya terlebih dahulu dan kemudian menulis isi pesan atau konten yang akan dikirimnya.

  2. Setelah itu, pengguna atau user email memberikan sebuah instruksi atau perintah pada aplikasi email untuk mengirim pesan kepada alamat email yang akandituju atau dikirimi pesan.

  3. Setelah itu email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, kemudian mengirimkan pesan atau konten tersebut ke email server lain yang lokasinya berada dekat dengan alamat atau email tujuan. Sebuah email terkadang dikirim melalui beberapa email server, tergantung dari rute email yang akan dilaluinya.

  4. Pada saat pesan email terkirim kepada alamat email tujuan atau penerima, maka isi dari pesan yang dikirim tersebut tersimpan di email server sampai si penerima membuka pesan atau konten tersebut.

  5. Ketika penerima membuka pesan di inbox/ kotak masuk email, maka aplikasi email si penerima akan meminta email baru yang ada di email server kemudian mengunduhnya atau mendownload ke dalam komputer si penerima email.

  6. Setelah itu, penerima email bisa melihat dan membaca isi dari pesan atau konten yang telah diunduh tersebut.


Fungsi & Manfaat E-Mail

  • Mengirim dan menerima pesan

  • Mengirim dan menerima file

  • Sebagai identitas diri

  • E-mail digunakan untuk mendaftar berbagai situs

  • E-mail untuk media pemasaran


Jenis-Jenis E-Mail

  1. POP Mail

POP Mail merupakan singkatan dari Post Office Protocol yang digunakan untuk menyinkronkan email dari Gmail ke klien email apa pun yang kompatibel, seperti Outlook, Thunderbird, atau Apple Mail. Sama seperti IMAP, POP bukanlah produk Google; ini adalah protokol sudah terstandarisasi dan sesuai dengan RFC yang dapat dipilih agar kompatibel atau memadai dengan klien atau layanan email apa pun.

  1. Web Mail

Webmail merupakan email yang berbasis website. Jadi, pengguna atau user email jika ingin membuka email yang dimilikinya, pengguna harus membuka halaman situs dari penyedia layanan email yang digunakan tersebut.

  1. Forward Mail

Pengertian forward mail adalah jenis suatu layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima oleh pengguna atau user ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan atau dipakai oleh mereka yang sering berganti ganti alamat email.



INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages