Breaking

Senin, 30 Januari 2023

Pengertian Bahasa Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman


Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi untuk memerintah komputer menjalankan fungsi tertentu, namun hanya instruksi standar saja. Bahasa program merupakan sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Bahasa program berfungsi untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.


Fungsi Bahasa Pemrograman


1. Media Komunikasi antara Programmer dan Komputer

Bahasa pemrograman memiliki fungsi utama sebagai penghubung komunikasi programmer dan komputer.


Untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke bahasa komputer, ada dua metode yang biasa digunakan, yaitu:


- Metode Compiler


Compiler adalah alat untuk memindai seluruh perintah bahasa pemrograman, lalu mengubahnya menjadi sebuah file baru.


- Metode Interpreter


Interpreter adalah alat untuk mengubah perintah bahasa program menjadi kode mesin, tanpa menghasilkan file baru.


2. Media untuk Mengembangkan Sistem dan Program

sebagai media mengembangkan sistem dan program.Sistem operasi dan semua program perangkat lunak yang kita gunakan, seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, hingga situs internet disusun menggunakan bahasa pemrograman.


Contoh Bahasa Pemrograman


  • HTML/CSS: Dasar dari sebuah program web. Untuk membuat web statis diperlukan bahasa HTML/CSS.

  • JavaScript: Salah satu bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari dan dapat digunakan untuk apapun seperti memvalidasi data formulir untuk mengembangkan permainan. JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif dalam halaman web dan aplikasi.

  • PHP: Bahasa program yang digunakan untuk mengembangkan halaman web yang dinamis. Mempelajari PHP akan sangat berguna untuk pemilik situs web karena PHP bisa mempersingkat kode yang ada di halaman web sehingga bisa ditampung ke dalam seperangkat aturan.

  • C++: C++ sekarang banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi . C++ juga memiliki keuntungan, yaitu lebih mudah untuk mempelajari bahasa C lainnya seperti C# dan C. Semua bahasa C umumnya dipandang sebagai bahasa program tingkat menengah.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages