Breaking

Kamis, 19 Januari 2023

Apa itu perangkat lunak komputer? Mari kita bahas!

Apa itu perangkat lunak komputer? Mari kita bahas!


Perangkat Lunak atau software
adalah Kumpulan instruksi yang dijalankan oleh mesin komputer dalam melakukan pekerjaan. Perangkat lunak ini adalah catatan mesin komputer yang menyimpan pesanan dan dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat lunak adalah data elektronik yang disimpan oleh komputer itu sendiri, dan data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh instruksi untuk melaksanakan instruksi yang dijalankan komputer. Untuk memenuhi keinginan ini, dirancang susunan logis dan logika yang disusun ini diproses oleh perangkat lunak, juga disebut program, bersama dengan data yang diprosesnya. Bekerja dengan perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal, termasuk sistem operasi, program, dan data. Perangkat lunak disusun sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dipahami oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga bagian: sistem operasi, bahasa pemrograman, dan perangkat lunak aplikasi.

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer yang menggunakan sinyal analog dan digital. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini telah banyak bermunculan berbagai macam sistem operasi dengan keunggulannya masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi, ada baiknya mengetahui beberapa konsep dasar tentang sistem operasi itu sendiri.

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah program yang menerjemahkan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin dengan aturan dan prosedur tertentu sehingga komputer dapat menerimanya. . Utilitas Utilitas adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai aplikasi pembantu untuk tugas yang berhubungan dengan komputer seperti memformat floppy disk, mengompresi file, dan menyalin data.

3. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat Lunak Aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang secara langsung menggunakan fungsi-fungsi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan oleh pengguna. Program ini ditulis oleh seorang programmer dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Berikut adalah contoh Perangkat lunak dengan fungsi dan aspek yang berbeda tergantung jenisnya : 

1. Peramban Internet

Google Chrome adalah peramban web lintas platform yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008. Google Chrome tersedia untuk sistem operasi Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS.

Mozilla Firefox adalah browser web sumber terbuka dan gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2002.

Opera adalah browser pencarian internet gratis yang dikembangkan oleh Opera

2. Antivirus

Norton Antivirus adalah produk perangkat lunak antivirus atau antimalware yang dikembangkan dan didistribusikan oleh NortonLifeLock sejak tahun 1991 sebagai bagian dari produk keamanan keluarga Norton Computer.

AVG Antivirus adalah program antivirus yang dikembangkan oleh AVG Technologies. Perangkat lunak ini gratis untuk diunduh dan digunakan, tetapi untuk dukungan teknis yang lebih stabil dan maksimal, pengguna harus membeli paket premium.

Kaspersky adalah program antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Program ini dirancang untuk melindungi pengguna dari serangan malware pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X, tetapi ada juga versi Linux untuk pengguna bisnis.

3. Perangkat Lunak Pengeditan

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak pengedit gambar dari Adobe Systems, yang dirancang khusus untuk mengedit foto/gambar dan menerapkan efek.

Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang membantu pengguna melepaskan kreativitas mereka di bidang desain ilustrasi digital menggunakan bentuk, warna, efek, dan tipografi.

CorelDraw adalah perangkat lunak editor yang memungkinkan pengguna untuk mendesain objek vektor. Setiap objek dapat diedit satu per satu. Artinya, pengguna dapat membuat atau mengedit bentuk, warna, ukuran objek, dan mengubah posisi objek.

Adobe InDesign adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe System yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur bahkan majalah dan buku.

4. Perangkat Lunak Komunikasi

WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan lintas platform, WhatsApp menggunakan paket data internet, memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan tanpa pulsa.

Telegram adalah aplikasi perpesanan online asli WhatsApp dan Facebook Messenger. Kurir. Artinya, pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim pesan ke pengguna yang juga terdaftar di Telegram.

5. Pengolah Kata

Microsoft Word adalah program pengolah kata Microsoft yang digunakan untuk membuat dokumen, surat, laporan, dan lainnya.

Microsoft PowerPoint. Ini dikenal sebagai program yang memungkinkan pengguna membuat segalanya mulai dari tayangan slide sederhana hingga presentasi yang rumit. PowerPoint biasanya digunakan untuk membuat presentasi bisnis, tetapi juga sering digunakan untuk tujuan pendidikan dan informal.

6. Editor Kode

Sublime Text adalah editor kode shareware dengan antarmuka pemrograman aplikasi Visual Studio Code. Visual Studio Code adalah editor kode efisien yang mendukung pengembangan, termasuk debugging dan eksekusi kode. Perangkat lunak ini juga menawarkan alur kerja yang lebih kompleks untuk IDE seperti Visual Studio IDE.

Atom adalah editor teks sumber terbuka gratis untuk macOS, Linux, dan Microsoft Windows yang mendukung kontrol JavaScript dan Git, dikembangkan oleh GitHub. Atom juga merupakan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web.

7. Pemutar Musik

Winamp adalah salah satu aplikasi pemutar musik paling populer di Windows yang mendukung pemutaran MP3 secara default.

AIMP3. Berisi perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memutar berbagai codec dan jenis audio, dan juga dapat disesuaikan (edited skin/tema).

GOM MP3 Player adalah perangkat lunak untuk melihat atau mendengarkan file video dan audio, yang juga dapat memberikan efek khusus melalui sistem equalizernya.

Spotify adalah perangkat lunak musik digital dan layanan streaming video. Fungsi dasar Spotify untuk memutar musik disediakan secara gratis, tetapi untuk memanfaatkannya secara maksimal, fitur premium Spotify ditawarkan kepada pengguna.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages