Breaking

Rabu, 11 Januari 2023

Apa itu digital marketing? Yuk kita bahas

Apa itu digital marketing? Yuk kita bahas



Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas bagi kehidupan manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. 

Manfaat internet semakin sangat terasa bagi para pemakainya yang tidak bisa lepas dari dunia internet ini. Seperti misalnya para internet marketer, narablog, blogger, dan juga sekarang toko online semakin mempunyai tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Angka ini tentu menjadi peluang besar bagi perintis usaha online. Oleh karena itu, penting untuk belajar mengenai digital marketing bagi pengusaha yang ingin memasarkan bisnisnya secara online.


Pengertian Digital marketing tidak sekedar kamu memasarkan bisnis kamu secara online, kamu harus menguasai skill umum jika ingin berkarir di bidang digital marketing.

  1. Social Media Marketing

Skill utama yang diperlukan di dunia digital marketing tentunya menguasai berbagai platform media sosial yang digunakan perusahaan untuk membangun brand dan mempublikasikan konten, hingga menarik calon customer. Sebagai seorang digital marketer, kamu harus mampu mengelola dan melihat konten mana secara konsisten dapat menarik perhatian audiens kamu, kapan waktu yang tepat untuk posting di media sosial, hingga menjalin komunikasi dua arah dengan audiens.

  1. Iklan Berbayar

Digital marketing tidak hanya sekedar memahami seluk beluk media sosial saja, kamu harus tahu bagaimana cara beriklan di media sosial. Beriklan di media sosial bertujuan untuk menjangkau audiens baru lebih cepat. Skill ini mengharuskan kamu memahami dan mengelola dengan baik periklanan media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Business, serta lainnya.

  1. Analisis Data

Dunia digital marketing melibatkan banyak data dari hasil konten yang harus dianalisis. Skill analisis data diperlukan agar kamu mengetahui cara mengevaluasi hasil campaign tersebut menggunakan beberapa tools, seperti Google Analytics karena Digital marketing melibatkan banyak data yang harus dianalisis. Memahami cara menganalisis data berfungsi untuk mengoptimasi strategi bisnis kamu di masa mendatang. Skill ini juga penting untuk melakukan report ke perusahaan.

  1. Writing & Storytelling

Saat memberikan caption Instagram, menulis tweet di Twitter, bahkan membuat artikel SEO di blog, hal yang harus kamu kuasai adalah skill menulis dan storytelling. Jika kamu memiliki kedua skill ini, informasi dan pesan yang kamu sampaikan akan lebih mudah diterima audiens. Kemampuan menulis dan storytelling yang baik juga memperbesar peluang untuk menarik perhatian audiens.

  1. SEO dan SEM

Dalam dunia SEO, algoritma Google akan terus berkembang dan penggunaan keywords untuk optimasi SEO juga semakin ketat. Inilah pentingnya kamu harus memahami prinsip SEO guna mendukung pengoptimalan semua bentuk konten yang dijalankan.

Sama halnya jika kamu ingin mengoptimasi website dengan memanfaatkan iklan, maka kamu perlu menguasai penerapan Search Engine Marketing (SEM). Baik SEO maupun SEM dapat membantu mendorong konten kamu untuk menjangkau audiens lebih luas.

  1. Strategic Planning

Seorang digital marketer memiliki tugas untuk memikirkan cara meningkatkan penjualan layanan atau produk melalui strategi marketing. Guna mencapai hal tersebut, kamu perlu memiliki perencanaan strategi yang baik untuk memikirkan konten yang akan diproduksi dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan.

Skill ini memang tidak bisa diperoleh secara instan, sebab kamu membutuhkan perencanaan intens dalam jangka panjang dan kebiasaan membuat plan secara berkelanjutan.

  1. Kemampuan dasar Desain

Sebagai seorang digital marketer, kamu harus peka terhadap estetika desain visual, terlebih konten visual umumnya memberi lebih banyak eksposur dibanding konten tertulis.

Penting untuk setidaknya kamu memahami basic design dan bisa mengoperasikan tools, seperti Photoshop, Illustrator, Canva, dan sebagainya.

Memahami basic design juga membantu kamu dalam memberikan arahan pada desainer atau videografer agar konten yang akan dikerjakan sesuai dengan ekspektasi perencanaan

  1. CRM (Customer Relationship Management)

CRM adalah strategi bisnis yang berguna untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sekaligus mendapatkan pelanggan baru lebih cepat. Skill ini melibatkan bagaimana strategi yang bisa kamu gunakan untuk memantau dan memaksimalkan customer experience.



kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages