Breaking

Rabu, 15 Februari 2023

Tantangan Penggunaan Digital Marketing untuk Pasar Konsumen Indonesia

 

Tantangan Penggunaan Digital Marketing untuk Pasar Konsumen Indonesia


Ada banyak faktor yang menjadi tantangan dalam menerapkan strategi digital marketing di Indonesia. Namun, itu tidak berarti itu menahan Anda. Sebaliknya, Anda perlu mengetahuinya agar dapat mengantisipasi dan menghindari masalah yang sebenarnya bisa dicegah. Berikut beberapa poin tentang tantangan digital marketing di Indonesia yang harus Anda pahami. 

1. Akses internet di Indonesia belum merata

Ada beberapa fakta menarik tentang kecepatan internet di Indonesia. Kecepatan rata-rata versi seluler pada 2019 adalah 13,8 Mbps. Meskipun rata-rata dunia adalah 32Mbps. Indonesia menempati urutan ke-45 dari 46 negara yang disurvei, rata-rata kecepatan internet broadband adalah 20,1 Mbps dibandingkan dengan rata-rata dunia sebesar 73,6 Mbps. Itu menempatkan Indonesia di urutan ke-43 dari 46 negara.


Belum lagi infrastruktur internet yang tidak merata. User di wilayah Maluku atau Papua tentunya akan memiliki hak akses yang berbeda dengan yang ada di wilayah Jawa dan Sumatera. Bahkan akses tiap daerah/kota di Pulau Jawa berbeda-beda. Anda perlu mengonfigurasi ulang strategi Anda jika Anda menargetkan area tertentu dengan akses internet yang rendah. 

2. Kesiapan menghadapi perubahan teknologi yang cepat

Teknologi berubah dengan cepat, sehingga pemasar perlu memiliki pola pikir belajar agar tidak kalah dalam persaingan. Terus berinovasi membutuhkan waktu dan usaha. Kesiapan meliputi pertanyaan tentang sumber daya manusia, keterampilan dan budget keuangan. Butuh IT consultant khusus yang juga memahami metode pemasaran digital paling efektif sesuai karakter perusahaan dan konsumen yang dituju. Ada yang memahami secara setengah-setengah sehingga hasilnya hanya membangun awareness tetapi tidak menghasilkan direct selling.

3. Keamanan dan privasi pelanggan

Isu ini menjadi sorotan karena data konsumen kerap disalahgunakan. Hal ini tentu akan berdampak besar pada kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem keamanan standar jika ingin mengumpulkan data. Mereka juga harus dapat meyakinkan konsumen bahwa informasi mereka aman. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah memberikan informasi tentang aturan kebijakan privasi, memberikan kesempatan kepada konsumen untuk memilih apa yang terjadi pada data mereka (misalnya memilih apakah ingin menerima notifikasi email) dan jika memungkinkan tidak melibatkan pihak ketiga. . dalam penyimpanan data. 


4. Persaingan ketat

Selalu ada persaingan dalam bisnis, apapun media yang digunakan. Namun, dalam pemasaran digital, persaingan bisa lebih besar karena tidak ada batasan. Siapapun bisa bersaing di internet.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas untuk produk Anda. Kemudian riset untuk mengetahui perilaku pelanggan di segmen tersebut. Hanya dengan begitu Anda dapat menjangkau mereka dengan media yang tepat dan memasarkan produk. Menerapkan strategi ini tentunya membutuhkan kerja sama dengan staf pemasaran yang andal dan dapat dipercaya. 


Tips Memanfaatkan Pasar Digital Marketing di Indonesia

Ada beberapa tips yang harus diikuti bagi pemula. Pertama tentu saja adalah target pasar. Mengidentifikasi sifat dan perilaku konsumen dalam segmen pasar yang sesuai dengan karakteristik produk.


Misalnya, menargetkan Generasi Z, remaja hingga 20 tahun, harus memahami apa yang sedang ngetren bagi mereka, lalu menyesuaikan iklan agar sesuai dengan tren tersebut. Situasinya berbeda ketika berbicara generasi di atas usia 40 tahun. Mereka mungkin tidak peduli dengan tren, jadi Anda perlu menggunakan strategi yang berbeda. Misalnya menyasar mengenai ketertarikan mereka akan Nostalgia


Konsumen saat ini juga lebih pintar ketika mereka menggunakan internet. Mereka cenderung tidak menyukai gaya pemasaran penjualan keras yang menjual produk secara terang-terangan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan teknik soft selling yang selanjutnya akan membentuk citra perusahaan yaitu. H. Personal branding, dengan cara yang lebih unik. Teknik soft selling juga membuat pelanggan merasa kebutuhannya terlayani lebih dari sekadar menjual produk apa adanya. 



 INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun,kursus desain grafis madiun fitri al baasitu,kursus prakerja madiun fitri al baasitu,kursus murah di madiun,kursus desain grafis madiun,kursus dan pelatihan autocad madiun,promo digital marketing madiun,kursus digital marketing madiun,kursus paket murah madiun,kursus akuntansi di madiun,kursus akuntansi murah,kursus corel di madiun,lembaga dan pelatihan di madiun,kartu prakerja di madiun, kursus komputer, lembaga pendidikan komputer, kursus komputer terdekat, les komputer terdekat, tempat kursus komputer terdekat, belajar bahasa pemrograman, kursus komputer bersertifikat terdekat, les komputer, biaya kursus komputer, kursus microsoft office, pelatihan komputer, kursus komputer online, fitri al baasitu, belajar bahasa pemrograman dasar, kursus excel bersertifikat, kursus komputer bersertifikat, kursus microsoft office bersertifikat, kursus komputer online bersertifikat, kursus komputer di solo, tempat kursus komputer, fitri al baasitu pelatihan prakerja, lembaga kursus komputer, kursus jaringan komputer, pelatihan microsoft office bersertifikat, kursus it online, harga kursus komputer bersertifikat, kursus komputer murah, biaya kursus komputer terdekat, belajar komputer online, kursus teknisi komputer, biaya kursus komputer 2020, harga kursus komputer, kursus komputer terbaik, pelatihan excel bersertifikat, biaya les komputer per bulan, belajar bahasa komputer, kelas komputer online, kursus komputer untuk pemula, biaya les komputer, kursus komputer administrasi perkantoran, les privat komputer, kursus komputer tanggul, harga les komputer, kursus teknik informatika, les komputer online, biaya kursus komputer 2021, kursus komputer solo, privat komputer, pelatihan komputer online, lpkii, kursus komputer microsoft office, pelatihan komputer bersertifikat, kursus bahasa pemrograman, kursus komputer kudus, paket kursus komputer, kursus online microsoft office, adhitama kursus komputer, bimbel komputer, kursus merakit komputer, kursus autocad online bersertifikat, kursus komputer akuntansi, biaya kursus komputer di solocom, bimbel komputer terdekat, kursus microsoft office terdekat, kursus bordir komputer, kursus komputer excel, biaya kursus microsoft office, kursus jaringan komputer online, biaya kursus service laptop, kursus teknisi komputer online, kursus jaringan, kursus laptop terdekat, khursus komputer, pelatihan teknisi komputer, kursus komputer perkantoran, belajar teknisi komputer, kursus komputer di kebon jeruk, program kursus komputer, les komputer bersertifikat, kursus algoritma pemrograman, biaya kursus it, kursus komputer cilegon, kursus service komputer, les coding terdekat, kursus komputer desain grafis, biaya les komputer privat, kursus komputer di sleman, kursus myob, kursus private komputer, pendaftaran kursus komputer, kursus komputer di cilegon, les excel terdekat, biaya privat komputer, kursus hardware komputer, kursus komputer 2021, kursus belajar komputer, kursus komputer ms office, kursus ilmu komputer, mediakita kursus komputer, kursus word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages