Breaking

Kamis, 16 Februari 2023

Jenis-Jenis Virus Komputer yang Harus kamu Tahu!

 Jenis-Jenis Virus Komputer yang Harus kamu Tahu!



Ternyata virus yang banyak beredar memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut ini akan dibahas jenis-jenis virus menurut teknik pembuatan, infeksi yang dilakukan, dan teknik antideteksi.


  1. Berdasarkan Teknik Pembuatan.

Dilihat dari teknik pembuatannya, ada tiga jenis virus yang dapat didefinisikan, yaitu virus yang dibuat dengan compiler, virus macro, dan virus script


A. Virus yang Dibuat dengan Compiler 

Compiler berfungsi untuk mengubah suatu kode bahasa pemrograman tertentu menjadi format .EXE dan .COM. Dengan format ini, suatu file dapat langsung dieksekusi. Virus yang pertama kali muncul di dunia komputer adalah virus yang dibuat dengan compiler. Bahkan sampai sekarang pun virus jenis ini berkembang dengan pesat. Virus dapat dibuat dengan berbagai macam bahasa pemrograman, seperti Assembler, Pascal, C++, dan sebagainya. Agar virus yang telah dibuat ini dapat langsung dieksekusi, maka perlu dilakukan compile terlebih dahulu. TASM atau MASM adalah compiler Assembler, Turbo Pascal untuk Pascal, dan Borland C++ untuk C++. 


B. Virus Macro 

Salah satu jenis virus yang banyak beredar adalah virus macro. Macro adalah sebuah tool perintah yang membutuhkan sebuah program interpretasi untuk eksekusi. Hampir semua macro, yang banyak dikenal, digunakan dalam produk- produk Microsoft Office. 


Pembuat virus macro memanfaatkan bahasa pemrograman yang ada dalam Microsoft Office, yaitu Visual Basic for Application (VBA). VBA merupakan tool yang mudah digunakan, karena VBA dapat membantu user dalam melakukan aktivitasnya dengan Microsoft Office. Sebagai contoh, VBA dapat digunakan untuk membuat program template, yang menyediakan user dengan format-format dokumen yang siap pakai. Tapi saat sebuah virus telah memanfaatkan fasilitas VBA, maka bahaya kerusakan mulai mengancam. 


C. Virus Script 

Virus script biasanya sering didapat dari internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat terkoneksi dengan internet. Virus jenis ini biasanya menumpang pada fileHTML (Hype Text Markup Language) yang dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBScript, maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer


  1. Berdasarkan Infeksi yang Dilakukan.

Jika dilihat dari infeksi yang dilakukan, maka virus dapat dibedakan menjadi virus boot sector, virus file, virus sistem, virus multi-partite, dan virus registry windows. 


A. Virus Boot Sector 

Virus Boot Sector adalah virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpan sebagai tempat untuk menginfeksi. Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus ini biasanya menginfeksi boot sector harddisk atau floppy disk dan kemudian melakukan loading ke memori sesaat setelah komputer dinyalakan. Virus boot sector dapat meng-copy dirinya sendiri dari disk ke disk, biasanya dari floppydisk ke harddisk kemudian kembali lagi ke floppydisk. Brain adalah contoh virus boot sector pertama yang menyerang komputer


B. Virus File 

Virus file merupakan virus yang memanfaatkan suatu file yang dapat diproses langsung pada editor DOS, seperti file berekstensi .COM, .EXE, .BAT, .OVL, .DRV dan beberapa file lainnya. Untuk menyebarkan dirinya, biasanya, virus akan menempelkan dirinya di dalam file-file eksekusi sehingga virus akan ikut dieksekusi saat file tempat virus tersebut menumpang, dieksekusi. Biasanya juga, hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diinfeksinya. Contoh dari virus ini banyak sekali, antara lain virus Dark Avenger, Dudley, Jerusalem, dll. 


C. Virus Sistem 

Virus sistem merupakan virus yang memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Contohnya adalah file berekstensi .SYS, file IBMBIO.COM, IBMDOS.COM, atau COMMAND.COM. Contoh dari virus sistem adalah Lehigh (menginfeksi COMMAND.COM).


D. Virus Multi-Partite 

Virus multi-partite dapat bertindak sebagai virus boot sector maupun virus file. Virus ini mempunyai dua kemampuan, yaitu dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Kebanyakan virus modern merupakan virus jenis ini. Selain fleksibel juga dianggap mampu bertahan hidup lebih lama bila dibandingkan hanya memiliki satu kemampuan saja, masuk ke dalam boot sector atau file saja. Contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia, Angela, Anthrax.


E. Virus Registry 

Windows Virus ini menginfeksi sistem operasi yang menggunakan Windows 95/98/NT dan biasanya akan melakukan infeksi dan manipulasi pada bagian registry Windows, sebab registry adalah tempat menampung seluruh informasi komputer baik hardware maupun software, sehingga setiap kali seseorang menjalankan Windows maka virus akan dijalankan oleh registry tersebut. Contoh virus ini adalah WinREG. 


  1. Berdasarkan Teknik Antideteksi 

Untuk mempertahankan hidup, suatu virus harus bisa semaksimal mungkin menghindari deteksi antivirus. Apapun dilakukan demi mempertahankan hidup. Semakin pandai suatu virus menghindari deteksi antivirus, maka semakin besar waktu hidupnya. Teknik antideteksi merupakan suatu teknik yang digunakan virus untuk menghindari deteksi antivirus. Teknik antideteksi tiap-tiap virus adalah berbeda sehingga menghasilkan jenis virus yang berbeda-beda pula, seperti virus polymorphic, virus stealth, sparse infector, dan virus cavity (spacefiller).


A. Virus Polymorphic

Virus Polymorphic merupakan sejenis virus yang mampu mengubah sifat dan karakteristiknya(punya berbagai macam bentuk) setiap kali ia mereplikasi dirinya dan menginfeksi file-file baru untuk menyamarkan dirinya supaya tidak mudah dikenali oleh software antivirus.


B. Virus Stealth

Virus dengan tipe ini adalah virus residen yang berusaha untuk menghindari deteksi yang menyembunyikan kehadirannya pada file yang terinfeksi. Untuk mendukung hal ini stealth virus akan mencegat panggilan sistem yang akan membaca file yang terinfeksi tersebut, sehingga komputer akan mendapati informasi file yang bukan sebenarnya. Artinya, komputer telah dibohongi. Virus akan membodohi sistem komputer seolah-olah segala sesuatu berjalan dengan normal, padahal sudah rusak. Dengan teknik ini virus akan membodohi atau menipu antivirus. Teknik ini adalah teknik yang sudah canggih. Contoh dari virus ini adalah Asterik, AntiWin, Anticmos. 


C. Sparse Infector 

Virus yang menggunakan teknik ini merupakan virus yang cukup pintar dalam melihat sisi psikologis orang. Virus akan mulai menginfeksi setelah suatu kondisi terpenuhi, seperti tanggal/bulan tertentu, batas pemakaian tertentu, frekuensi eksekusi tertentu, dan kondisi-kondisi lainnya.


D. Cavity (Spacefiller) Virus 

Virus ini akan replikasi dirinya sendiri ke dalam empty space (ruang kosong) file. Beberapa file, untuk suatu alasan tertentu, baik sengaja atau tidak, mempunyai suatu ruang kosong. Nah, ruang kosong inilah yang dimanfaatkan oleh virus untuk tempat replikasi kode-kodenya. Hal ini merupakan keuntungan bagi cavity (space filler) virus karena kode virus yang telah masuk ini tidak akan menambah panjang file tersebut. Misalnya adalah virus Lehigh. 


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun, kursus desain grafis madiun, fitri al baasitu, kursus prakerja madiun fitri al baasitu, kursus murah di madiun, kursus desain grafis madiun, kursus dan pelatihan autocad madiun, promo digital marketing madiun, kursus digital marketing madiun, kursus paket murah madiun, kursus akuntansi di madiun, kursus akuntansi murah, kursus corel di madiun, lembaga dan pelatihan di madiun, kartu prakerja di madiun, kursus komputer, lembaga pendidikan komputer, kursus komputer terdekat, les komputer terdekat, tempat kursus komputer terdekat, belajar bahasa pemrograman, kursus komputer bersertifikat terdekat, les komputer, biaya kursus komputer, kursus microsoft office, pelatihan komputer, kursus komputer online, fitri al baasitu, belajar bahasa pemrograman dasar, kursus excel bersertifikat, kursus komputer bersertifikat, kursus microsoft office bersertifikat, kursus komputer online bersertifikat, kursus komputer di solo, tempat kursus komputer, fitri al baasitu pelatihan prakerja, lembaga kursus komputer, kursus jaringan komputer, pelatihan microsoft office bersertifikat, kursus it online, harga kursus komputer bersertifikat, kursus komputer murah, biaya kursus komputer terdekat, belajar komputer online, kursus teknisi komputer, biaya kursus komputer 2020, harga kursus komputer, kursus komputer terbaik, pelatihan excel bersertifikat, biaya les komputer per bulan, belajar bahasa komputer, kelas komputer online, kursus komputer untuk pemula, biaya les komputer, kursus komputer administrasi perkantoran, les privat komputer, kursus komputer tanggul, harga les komputer, kursus teknik informatika, les komputer online, biaya kursus komputer 2021, kursus komputer solo, privat komputer, pelatihan komputer online, lpkii, kursus komputer microsoft office, pelatihan komputer bersertifikat, kursus bahasa pemrograman, kursus komputer kudus, paket kursus komputer, kursus online microsoft office, adhitama kursus komputer, bimbel komputer, kursus merakit komputer, kursus autocad online bersertifikat, kursus komputer akuntansi, biaya kursus komputer di solocom, bimbel komputer terdekat, kursus microsoft office terdekat, kursus bordir komputer, kursus komputer excel, biaya kursus microsoft office, kursus jaringan komputer online, biaya kursus service laptop, kursus teknisi komputer online, kursus jaringan, kursus laptop terdekat, khursus komputer, pelatihan teknisi komputer, kursus komputer perkantoran, belajar teknisi komputer, kursus komputer di kebon jeruk, program kursus komputer, les komputer bersertifikat, kursus algoritma pemrograman, biaya kursus it, kursus komputer cilegon, kursus service komputer, les coding terdekat, kursus komputer desain grafis, biaya les komputer privat, kursus komputer di sleman, kursus myob, kursus private komputer, pendaftaran kursus komputer, kursus komputer di cilegon, les excel terdekat, biaya privat komputer, kursus hardware komputer, kursus komputer 2021, kursus belajar komputer, kursus komputer ms office, kursus ilmu komputer, mediakita kursus komputer, kursus word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages