Breaking

Senin, 20 Februari 2023

Jenis format dokumen yang mungkin kamu belum tahu!

 

Jenis format dokumen yang mungkin kamu belum tahu!


Format file (Ekstensi File) adalah huruf yang muncul setelah titik dalam nama file. Misalnya azin.jpg, “azin” adalah nama file sedangkan “jpg” adalah ekstensi file (format file) yang merupakan format file gambar.

Saat bekerja dengan Adobe Photoshop, ada beberapa opsi untuk menyimpan dokumen dalam berbagai format file dan kompresi. Misalnya, Anda disarankan menggunakan format file jpg, png, dan gif untuk keperluan web. Jenis Ekstensi (Format File):

1. Portable Document Format (*.pdf)

PDF (Portable Document Format) adalah format file yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk tujuan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, gambar dan grafik vektor dua dimensi.

Dalam Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga mencakup membaca dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1: 2008. File PDF bisa dibuat khusus agar bisa diakses oleh penyandang disabilitas.

Format file PDF dapat dilengkapi dengan tag XML, teks ekuivalen, pembesaran teks visual (kaca pembesar), tambahan fasilitas audio / suara, dan lain sebagainya. Beberapa perangkat lunak pembuat PDF seperti Adobe InDesign dapat secara otomatis membuat file PDF dengan label.

File PDF dapat dikodekan sehingga diperlukan kata kunci tertentu untuk membuka atau mengeditnya. Enkripsi file PDF dilakukan pada dua level yaitu 40-bit dan 128-bit menggunakan sistem cipher kompleks RC4 dan MD5.

File PDF juga dapat diberikan batasan DRM untuk membatasi aktivitas menyalin, mengedit, atau mencetak file.

Format dokumen PDF menggabungkan tiga teknologi:

  • Sub-set pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik.

  • Sistem penempatan / pemindahan huruf untuk memungkinkan perpindahan huruf dalam dokumen.

  • Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan memampatkan elemen dokumen menjadi satu file.

2. Teks biasa (*.txt)

File ASCII atau teks biasa (bahasa Inggris: ‘teks biasa’) dalam istilah komputer, adalah jenis file komputer yang merupakan teks yang tidak diformat. Kebalikan dari jenis file ini adalah teks berformat. Jenis file ini biasanya diedit di editor teks.

File ini biasanya hanya berisi teks yang diformat menggunakan pengkodean ASCII. File ini hanya terdiri dari karakter, angka, tanda baca, tab, dan karakter jeda baris (carriage return).

Pada file ASCII tidak terdapat format ekstensif seperti pada dokumen Microsoft Word atau Rich Text Format, namun format yang digunakan hanya format standar yaitu ASCII.

Di sistem operasi Windows, file ASCII ini dapat dibuat menggunakan Notepad atau editor teks lainnya. Jenis ekstensi yang digunakan adalah .txt (default), .bat, .cmd, .ini, .inf, dan banyak lainnya.

Sistem operasi lain juga menerapkannya, tetapi beberapa sistem operasi (terutama keluarga UNIX) tidak memerlukan ekstensi file seperti Windows. Biasanya, sebagian besar file dalam sistem operasi UNIX adalah file ASCII, kecuali file yang dapat dijalankan (program).

File ASCII biasanya digunakan sebagai file teks biasa, skrip, kode sumber program (kode sumber bahasa pemrograman), file konfigurasi (terutama pada keluarga OS UNIX), atau file teks lainnya.

Bahkan banyak juga orang yang membuat gambar menggunakan file ASCII, yang sering disebut dengan ASCII Art. Karena file ASCII berisi teks yang tidak diformat, file tersebut dapat dipahami oleh banyak sistem operasi,

Karena ASCII adalah standar internasional (Windows, Macintosh, dan UNIX mendukung sepenuhnya standar ini). Hasilnya, file-file ini bisa sangat berguna untuk berbagi informasi antar platform atau aplikasi.

3. Open Document Format Word Processing (*.odt)

Open Document Format atau disebut juga Open Document atau hanya ODF, adalah file berformat XML yang digunakan sebagai format file terbuka standar pada aplikasi Office (Office Suite).

Aplikasi ini mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan bagan. Untuk pengolah kata, extension yang digunakan adalah (* .odt). Pengolah kata odt mirip dengan doc atau docx, hanya saja odt gratis berbeda dengan doc atau docx berbayar.

Open Office juga memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Style dan Formatting, Text Frames and Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan heading.

Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan format untuk poin dan angka sangat mudah (terintegrasi melalui satu toolbar).

4. *.doc

Permata ekstensi doc muncul dalam dokumen yang dipakai oleh aplikasi pengolah kata WordPerfect di tahun 1980.

Doc adalah singkatan dari dokumen, adalah ekstensi file yang digunakan dalam dokumen pengolah kata yang biasanya digunakan di Microsoft Word. Pada 1990-an Microsoft memilih untuk menggunakan ekstensi * .doc dalam pengolah kata Microsoft Word.

File dengan ekstensi DOC bermacam-macam, di versi Microsoft Word 97 dan 2003 masih menggunakan file dengan ekstensi * .doc, sedangkan di Microsoft Word 2007 dan 2010 format dengan ekstensi * .doc diganti dengan ekstensi docx.

Ekstensi file Doc adalah ekstensi asli yang dihasilkan dari Microsoft Word tetapi file ekstensi ini tidak hanya dapat dibaca dan diedit menggunakan pengolah kata Microsoft Word, tetapi pengolah kata lain juga dapat membaca dan membuat seperti, OpenOffice.org Writer, Google Docs, Apple Pages, dan AbiWord.

5. *.html

HTML berupa kode tag yang menginstruksikan browser web untuk menghasilkan tampilan yang diinginkan. File yang merupakan file HTML dapat dibuka menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email atau dari PDA dan perangkat lunak lain yang mendukung browser. Menggunakan perintah HTML memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Tentukan ukuran dan aliran tulisan.

  • Mengintegrasikan gambar dengan tulisan.

  • Buat Tautan.

  • Mengintegrasikan file suara dan rekaman gambar langsung.

  • Membuat formulir interaktif.

Dokumen HTML mirip dengan dokumen tertulis biasa, hanya saja dalam dokumen ini ada teks yang dapat berisi instruksi yang diberi tanda kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Misal jika ingin membuat teks tampil tebal seperti: TAMPIL KETEBAL, maka penulisan dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL.

Tanda dipakai untuk menghidupkan instruksi tebal, diikuti dengan teks yang mau dicetak tebal, serta diakhiri menggunakan tanda untuk mematikan cetak tebal. HTML lebih menekankan pada mendeskripsikan komponen struktural dan pemformatan dalam halaman web daripada menentukan penampilannya.

Sementara browser web digunakan untuk menafsirkan tata letak halaman dalam gaya browser web bawaan dengan menggunakan jenis teks, tab, warna, garis, dan perataan teks ke komputer yang menampilkan halaman web.

Salah satu hal penting tentang keberadaan HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa komunikasi) antar komputer dengan kemampuan yang berbeda.

Pengguna Macintosh tidak dapat melihat layar yang sama dengan yang ada di PC berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows tidak akan dapat melihat layar yang sama dengan pengguna yang menggunakan Produk Sun Microsystems.

Namun, pengguna ini dapat melihat semua halaman web yang diformat yang berisi Grafik dan Tautan.

6. Jenis-Jenis File Komputer *.XLS

File xls yang ditautkan ke Microsoft Excel, dibuat oleh Microsoft Corporation. Biasanya digunakan untuk menghitung, menyajikan data, menganalisis dll.

Untuk membuka file dalam format ini dapat menggunakan xlviewer atau open office. File jenis ini juga sangat rentan terhadap infeksi virus.

7. Jenis-Jenis File Komputer *.LATEX

Fitur – fitur yang ada pada latex didesain untuk memproduksi dokumentasi teknis dan ilmiah. Sehingga orang atau pengguna yang memakai latex umumnya berprofesi sebagai, matematikawan, insinyur, ilmuan, dll. Awalnya Latex dibuat oleh Leslie Lamport di awal 1980-an.

8. Jenis-Jenis File Komputer *.PPT

PPT (Power PoinT), digunakan untuk menyajikan laporan. Berkaitan dengan Microsoft Power Point, dengan menggunakan MsPPT kualitas presentasi lebih tinggi karena didukung oleh sistem multimedia.

9. Jenis-Jenis File Komputer *.MDB

Digunakan untuk membuat database menggunakan Ms. Access.

10. PNG =(Portable Network Graphic)

PNG adalah format yang menggabungkan kekuatan JPG dan GIF. Gambar jenis ini juga dapat menampilkan gradasi dan juga mampu mendukung warna hingga 24 bit.

  • Ekstensi: * .png

  • Warna maksimum: 24 bits (16,7 juta warna)

  • Kegunaan: Menampilkan objek dalam desain halaman web / blog.

  • Keuntungan: Latar belakang transparan dengan tepi halus

  • Kekurangan: Memiliki ukuran file yang besar

  • Kesimpulan: Format atau ekstensi gambar ini sangat cocok untuk background blog yang transparan.

11. GIF =(Graphic Interchange Format)

Format gambar ini adalah tipe yang hanya mampu menampilkan 256 warna. Namun, jenis gambar ini mampu memainkan animasi sederhana. Jadi cocok untuk web banner.

  • Ekstensi: * .gif

  • Warna maksimal: 8 bits (256 warna)

  • Kegunaan: Animasi dan spanduk

  • Keuntungan: File kecil, transparansi, animasi

  • Kelemahan: Tidak cocok untuk fotografi

  • Kesimpulan: Web Grafis dengan area warna datar

12. PSD (Photoshop Document)

Format file ini adalah format asli untuk dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.

Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dalam format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

13. BMP (Bitmap Image)

Format file ini adalah format grafik yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafik apapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan tingkat kualitas 1 bit hingga 24 bit.

Kelemahan format file ini adalah tidak dapat menyimpan alpha channel dan terdapat kendala dalam pertukaran platform. Untuk menjadikan objek sebagai wallpaper desktop, simpan dokumen Anda dalam format file ini.

Anda dapat mengompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini dapat menyimpan image dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

14. EPS (Encapsuled Postcript)

Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafik. Selain itu, format file ini sering digunakan saat mencetak gambar.

Keunggulan format file ini adalah menggunakan bahasa postscript sehingga dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.

Kelemahan format file ini adalah tidak dapat menyimpan alpha channel sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop yang menggunakan format file ini pada saat gambar yang dikerjakan sudah final.

Format file ini bisa menyimpan image dalam mode warna CMYK, RGB, Indexed Color, Lab, Grayscale, Duotone dan Bitmap. Selain dari itu, format file ini pula mampu menyimpan jalur kliping.

15. JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)

Format file ini mampu mengompresi objek dengan tingkat kualitas yang sesuai dengan pilihan yang diberikan. Format file sering digunakan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya.

Format file ini bisa menyimpan image dalam mode warna CMYK, RGB, dan Grayscale. Format dari file ini juga bisa menyimpan channel alpha, tetapi karena orientasinya pada publikasi elektronik, format ini relatif semakin kecil ukurannya dibandingkan dengan format file lainnya.

16. TIF (Tagged Image Format File)

Format dari file ini bisa menyimpan image dengan kualitas sampai 32 bit. Format file ini pula bisa dipakai untuk tujuan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic).

Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh pengguna grafik komputer, terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang dapat membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

18. PDF (Portable Document Format)

Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan dengan grafik berbasis piksel dan vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap.

Format file ini tidak dapat menyimpan saluran alfa. Format file ini sering kali menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali mode warna Bitmap yaitu CCIT.


INFO LEBIH LANJUT

🏠 JL. GRAHA MANIS NO 4-6 PERUM 2 MANISREJO, TAMAN, KOTAMADIUN 

kursus komputer madiun, kursus desain grafis madiun, fitri al baasitu, kursus prakerja madiun fitri al baasitu, kursus murah di madiun, kursus desain grafis madiun, kursus dan pelatihan autocad madiun, promo digital marketing madiun, kursus digital marketing madiun, kursus paket murah madiun, kursus akuntansi di madiun, kursus akuntansi murah, kursus corel di madiun, lembaga dan pelatihan di madiun, kartu prakerja di madiun, kursus komputer, lembaga pendidikan komputer, kursus komputer terdekat, les komputer terdekat, tempat kursus komputer terdekat, belajar bahasa pemrograman, kursus komputer bersertifikat terdekat, les komputer, biaya kursus komputer, kursus microsoft office, pelatihan komputer, kursus komputer online, fitri al baasitu, belajar bahasa pemrograman dasar, kursus excel bersertifikat, kursus komputer bersertifikat, kursus microsoft office bersertifikat, kursus komputer online bersertifikat, kursus komputer di solo, tempat kursus komputer, fitri al baasitu pelatihan prakerja, lembaga kursus komputer, kursus jaringan komputer, pelatihan microsoft office bersertifikat, kursus it online, harga kursus komputer bersertifikat, kursus komputer murah, biaya kursus komputer terdekat, belajar komputer online, kursus teknisi komputer, biaya kursus komputer 2020, harga kursus komputer, kursus komputer terbaik, pelatihan excel bersertifikat, biaya les komputer per bulan, belajar bahasa komputer, kelas komputer online, kursus komputer untuk pemula, biaya les komputer, kursus komputer administrasi perkantoran, les privat komputer, kursus komputer tanggul, harga les komputer, kursus teknik informatika, les komputer online, biaya kursus komputer 2021, kursus komputer solo, privat komputer, pelatihan komputer online, lpkii, kursus komputer microsoft office, pelatihan komputer bersertifikat, kursus bahasa pemrograman, kursus komputer kudus, paket kursus komputer, kursus online microsoft office, adhitama kursus komputer, bimbel komputer, kursus merakit komputer, kursus autocad online bersertifikat, kursus komputer akuntansi, biaya kursus komputer di solocom, bimbel komputer terdekat, kursus microsoft office terdekat, kursus bordir komputer, kursus komputer excel, biaya kursus microsoft office, kursus jaringan komputer online, biaya kursus service laptop, kursus teknisi komputer online, kursus jaringan, kursus laptop terdekat, khursus komputer, pelatihan teknisi komputer, kursus komputer perkantoran, belajar teknisi komputer, kursus komputer di kebon jeruk, program kursus komputer, les komputer bersertifikat, kursus algoritma pemrograman, biaya kursus it, kursus komputer cilegon, kursus service komputer, les coding terdekat, kursus komputer desain grafis, biaya les komputer privat, kursus komputer di sleman, kursus myob, kursus private komputer, pendaftaran kursus komputer, kursus komputer di cilegon, les excel terdekat, biaya privat komputer, kursus hardware komputer, kursus komputer 2021, kursus belajar komputer, kursus komputer ms office, kursus ilmu komputer, mediakita kursus komputer, kursus word


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

KURSUS KOMPUTER MADIUN | FITRI Al-BAASITU | KURSUS DI MADIUN

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages